Kodim 1622/Alor Gelar Latihan Persiapan Pengamanan Pileg dan Pilpres Tahun 2019



ALOR – Komandan Kodim (Dandim) 1622/Alor Letkol Inf Daniel Budi Marwanto,SE saat memberikan arahannya kepada peserta latihan pengamanan Pileg dan Pilpres tahun 2019, menegaskan bahwa setiap prajurit harus sigap, cepat dan tepat dalam setiap pelaksanaan tugas. Tidak hanya itu, sebagai prajurit TNI ada bedanya dengan masyarakat sipil yakni selain tiga tuntutan diatas, juga dibarengi dengan tanggung jawab tepat waktu bila menerima perintah dari pimpinannya.

Hal ini disampaikan Dandim pada saat meninjau pelaksanaan latihan persiapan pengamanan pemilu Legislatif (Pileg) dan pemilihan Presiden (Pilpres) 17 April 2019 mendatang, di GOR Batunirwala, Desa Petleng Kecamatan Alor Tengah Utara Kab. Alor, Provinsi NTT, Jumat (8/2/2019).

Disampaikan juga oleh Dandim, bahwa latihan pengamanan penanggulangan massa huru hara ini merupakan upaya Kodim 1622/Alor membantu Kepolisian dan Pemerintah daerah pada pengamanan pemilu Legislatif dan Presiden tanggal 17 April 2019.

Lanjut disampaikan Dandim, kemampuan secara personel maupun tim harus dimiliki. Tidak hanya pada tugas perbantuan kepada Pemda dan Polri dalam pelaksanaan pengamanan Pileg dan Pilpres 17 April 2019 mendatang, akan tetapi setiap tugas yang diberikan harus siap, dan semua itu hanya untuk rakyat, ujar Dandim.

Lebih lanjut Dandim menyampaikan, sebelum masuk pada driil taktis, sebelumnya para prajurit sudah diberikan materi tentang tahapan penyelenggaraan pemilu sesuai undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu, prosedur dan mekanisme permintaan dan pemberian bantuan kepada Polri dalam rangka kamtibmas, penanggulangan kerusuhan massa, penanganan konflik sosial, pengamanan objek vital dan prosedur pengerahan pasukan untuk pelaksanaan pengamanan pemilu dengan cepat dan baik, tambah Dandim.

“Dengan adanya latihan ini, diharapkan dapat mempermudah serta terwujudnya sinergitas antara instansi terkait seperti Pemda Kab. Alor dan Polres Alor. Latihan ini akan menjadi acuan pada pelaksanaan tugas pengamanan Pileg dan Pilpres nanti,” jelas Dandim Letkol Inf Daniel Budi Marwanto,SE.

Karena itu, kepada semua peserta latihan supaya mengikuti latihan tersebut dengan penuh kesungguhan dan tanggung jawab serta komunikatif, agar dapat lebih maksimal dan bisa diaplikasikan saat dibutuhkan, harap Dandim.

Dandim Letkol Inf Daniel Budi Marwanto,SE saat meninjau pelaksanaan latihan didampingi oleh Plh. Pasiop Kapten Arh I Md Wiranatha, Pasi Intel Lettu Inf Panuel Tangledang, Pasilog Letda Inf Doris Banik, Danramil 04/Apui Lettu Inf Yohanis Malaipada, Dansub Unit Intel Pelda Yohanis Pua, Batiop Serma Demitrius Kay, Bati Intel Serka Yuli Purnama, Bati Pers Serma Kidson Ouwpoly, Batilog Sertu Jeftan Bunda, Bati Komsos Serka Wayan Sulaba, dan Bati Niksan Serka Warda. (*tim)


Loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.