Leo Wattimena, Namanya Dikukuhkan Panglima TNI Sebagai Gedung Serbaguna Kohanudnas



Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menandatangani prasasti dan pengguntingan pita peresmian Gedung Serbaguna Leo Wattimena di Mako Kohanudnas, Halim Perdanakusuma, Jakarta
Timur, Senin (11/2/2019).

Selanjutnya Panglima TNI meninjau sisi-sisi gedung yang sudah diresmikan. Marsda (Pur) Leo Wattimena adalah salah satu penerbang terbaik dan legendaris yang pernah dimiliki TNI AU.

Penerbang P-51 Mustang yang selalu mengenakan akar bahar ini, menjadi leader pesawat Mustang dalam penyerangan sejumlah fasilitas Permesta di wilayah Ambon dan Sulawesi Utara pada tahun 1958.

Leo yang akrab disapa Le ini juga dikenal sebagai penerbang jet tempur pertama TNI AU. Di Inggris, Leo bersama Rusmin Nurjadin menerbangkan pesawat DH-115 Vampire.

Kedatangan Vampire di Indonesia menjadi momentum bersejarah yang menandai untuk pertama kalinya TNI AU mengoperasikan pesawat jet.

Kedatangan pesawat Vampire yang mencapai 16 unit ini, menjadi dasar pembentukan Kesatuan Pancar Gas (KPG) yang diresmikan KSAU Laksamana Muda Udara Suryadi Suryadarma pada 20 Februari 1956.

Dalam peresmian ini Marsekal Hadi didampingi Kasum TNI Mayjen TNI Joni Supriyanto, Pangkostrad Letjen TNI Besar Harto Karyawan, Kabais TNI Marsda TNI Kisenda Wiranata Kusuma,
Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono, Pangdivif 1 Kostrad Mayjen TNI Agus
Rohman, Pangkoarmada I Laksda TNI Yudo Margono, Pangkohanudnas Marsda TNI Imran
Baidirus, Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suhartono serta Danjen Kopassus Mayjen TNI
I Nyoman Cantiasa.    [Puspen TNI]
Loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.