Tanamkan Wawasan Kebangsaan, Babinsa Bantu Mengajar di SD GMIT Waimi



ALOR – Dalam rangka melatih kedisiplinan dan wawasan kebangsaan (Wasbang), Babinsa Koramil 1622-04/Apui, Serda Isak Mauleti, terun langsung membantu mengajar di SD GMIT Waimi, Desa Waimi Kecamatan Lembur Kabupaten Alor, Senin (11/2/2019).

“Kegiatan ini merupakan salah satu pembinaan teritorial (Binter) yang harus dilaksanakan oleh prajurit TNI yang bertugas di Satuan Komando Kewilayahan. Peran Babinsa untuk membantu kesulitan warga masyarakat yang berada di wilayah binaanya sesuai dengan perintah pimpinan dan sesuai dengan salah satu isi dari 8 Wajib TNI.

"Para Babinsa agar membantu semua kegiatan sekolah dalam kegiatan penanaman wawasan kebangsaan dan bela negara,” kata Dandim 1622/Alor Letkol Inf Daniel Budi Marwanto,SE melalui Danramil 1622-04/Apui Lettu Inf Yohanis Malaipada.

Disampaikannya, Babinsa selain memberikan materi wawasan kebangsaan dan bela negara, juga memberikan latihan baris-berbaris. Hal ini tentu penting sebagai generasi penerus bangsa harus punya semangat dalam menimba ilmu agar kedepan bisa ikut membangun daerah ini menjadi lebih maju, ungkap Lettu Yohanis Malaipada.

"Bangsa Indonesia adalah bangsa besar dengan keanekaragaman suku dan budaya serta agamanya, tetapi dengan perbedaan tersebut kita tetap satu yaitu bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika," ujar Malaipada.

Sebagai generasi muda, generasi penerus cita - cita bangsa, kita harus bangga dengan keanekaragaman tersebut, seperti semboyan Bhineka Tunggal Ika yang mempunyai arti berbeda beda tetapi tetap satu,” tambahnya.

Sedangkan Kepala Sekolah SD GMIT Waimi Bapak Piter Meimau sesang tidak.berada ditempat melalui Guru Kelas 6 Bapak Aris Kamengleti menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan seperti ini tentunya sangat membantu sekolah-sekolah terutama untuk pelatihan disiplin para siswa.

“Kehadiran pak Babinsa disini membuat kami lebih dekat dengan TNI terutama anak didik kami. Mereka sangat senang dan bangga dengan kehadiran Bapak Babinsa,” ujar Kamengleti.

Disamping membantu mengajar di kelas dengan materi wawasan kebangsaan, juga melaksanakan latihan PBB dan pembentukan disiplin kepada siswa. Ini sangat membantu untuk membentuk karakter serta perilaku yang tertib dan sopan santun, sehingga nantinya dapat diaplikasikan dikehidupan sehari-hari maupun pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Saya senang dan berterima kasih kepada Bapak Dandim, Bapak Danramil dan Babinsa yang telah membantu kami dalam proses kegiatan belajar mengajar di SD GMIT Waimi. Kami tidak bisa membalasnya dengan apapun kepada Bapak TNI yang dengan senang hati dan ikhlas membantu. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih dan bangga, kami pada TNI,” ujar Kameleti.    (tim)

Loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.