Digelar di Kota Pasuruan. Festival Wirakarya Kampung Kelir Zona Jatim



TRIBUNUS.CO.ID, PASURUAN – Dalam rangka Festival Wirakarya Kampung Kelir merupakan program Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur. Ada 11 zona se Jatim. Di zona 6, Kota Pasuruan dijadikan tuan rumah. Tahun ini merupakan tahun yang ketiga.

Tujuannya tak lain menjadikan Pramuka Penegak Pendega untuk berbhakti dan berkarya sekaligus juga untuk mewujudkan Jawa Timur mempunyai kampung yang bersih, aman dan sehat. Acara ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, H. Bahrul Ulum.

Terpantau yangHadir dalam festival ini, jajaran Forkompimda, Kwartir Daerah Jawa Timur, pengurus Kwartir Cabang Kota dan Kabupaten Pasuruan, pengurus Kwartir Ranting Se-Kota Pasuruan, kakak-kakak Mabigus dan anggota pramuka penegak. Acara dan kegiatan ini dijadwalkan selama 4 hari, Mulai hari Sabtu sampai Selasa  (9-12/3/2019). Tempat di halaman Kantor Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Pasuruan Jalan Sunan Ampel, Kota Pasuruan.

Selanjutnya, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Pasuruan, H. Mahbub Effendi, SE, MM mengatakan, maksud dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk mengembangkan potensi masyarakat agar bisa peduli lingkungan serta menanamkan jiwa gotong royong pada pramuka penegak.

Sedangkan tujuannya adalah, menciptakan lingkungan masyarakat yang bersih dan sehat sekaligus meningkatkan potensi wilayah yang dijadikan tempat kegiatan.  Pramuka penegak akan mampu menjadi patriot lingkungan di daerahnya masing-masing. Sejumlah 500 peserta dan dari Kabupaten Pasuruan. Target kegiatan ini, pengecatan 100 rumah dan pemugaran 2 rumah tidak layak huni.

Plt. Walikota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo yang diwakili Sekda,  berharap kepada para peserta Festival Wirakarya Kampung Kelir agar untuk bisa menjadi generasi muda yang memiliki tekad kuat. Yaitu, siap mengharumkan dan membela NKRI. Mempertahankan Pancasila.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu wujud pembelajaran kepada semua peserta tentang arti pentingnya kebhinekaan dan persatuan di kalangan remaja. Usai pemukulan gong, Sekda  melakukan penyerahan secara simbolis alat bhakti kepada peserta.

Perlu diketahui, Festival Wirakarya Kampung Kelir zona 6 tahun 2019 dilaksanakan di RW 06 dan RW 07, Kelurahan Petamanan, Kota Pasuruan.

Pewarta       : Rachmat H
Loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.