Gerakan Penanaman Biopori Warga Lesanpuro



Tribunus.co.id, Malang - Warga Lesanpuro RW 01 mengadakan kerja bakti untuk menanam biopori dilingkungan masing-masing RT. Kegiatan yang dihadiri oleh ketua RW beserta staf dan warga berlangsung dengan penuh semangat, Jum'at (8/3/2019).

Di sela-sela kerja bakti berlangsung, Sutik selaku Ketua RW 01 mengatakan, bahwa penanaman biopori ini memang bukan untuk menanggulangi banjir tetapi bisa berfungsi menyerap genangan air setelah hujan.

“Di wilayah RW 01 ini setiap kali hujan ada beberapa titik genangan air dan itu sangat mengganggu kenyamanan warga. Untuk itulah gerakan kesadaran warga untuk menanam biopori kami lakukan secara gotong royong,” ungkap Sutik.

Sementara di lokasi yang sama Deni ketua RT 06 mengatakan, kami sangat berterima kasih pada kawan-kawan MPD (Malang Peduli Demokrasi) yg telah menyempatkan waktunya untuk menjelaskan bagaimana pentingnya biopori sehingga saya langsung mensosialisasikan pada pak RW dan paguyuban RT.

“Syukur Alhamdulillah respon mereka bersama warga sangat baik sehingga kami agendakan hari ini mumpung masih musim hujan dg harapan bila hujan turun lalu tdk ada genangan warga akan langsung merasakan manfaatnya. Sehingga mereka akan terbangun rasa sadarnya untuk bisa melakukan di halaman rumahnya masing-masing,” ujar Deni

Sementara salah satu anggota MPD Sam Bambang GW yang ikut hadir dan membantu sosialisasi pada warga menyikapi kalau gerakan kesadaran rakyat tentang problematika genangan air yang ada bisa dilakukan secara gotong royong. Selain genangan air bisa diantisipasi akan berfungsi untuk menabung air sehingga untuk kebutuhan cadangan sumber air ke depan sekaligus akan bisa menurunkan suhu udara di kota Malang

Penanaman biopori akan terus digerakkan secara mandiri oleh pihak RW dan seluruh lapisan masyarakat Lesanpuro.     (An)
Loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.