Lestarikan Warisan Budaya Leluhur, Warga Desa Tunglur Menggadakan Syukuran Bersih Dusun





KEDIRI, TRIBUNUS.CO.ID - Warga Dusun Tunglur Desa Tunglur Kecamatan Badas Kabupaten Kediri Jawa Timur akan menggelar acara budaya tahunan yakni syukuran bersih Desa / Dusun Tunglur dengan Pengajian dan Sholawat yang akan diselenggarakan pada hari Jum'at malam tanggal 8 Maret 2019 mendatang di Area Petilasan Adipati Minak Sengguruh - Petilasan Mpu Bahula / Diah Ratna Mangali Kampoeng Sentanan. Minggu (03/03/2019).

Acara Tunglur Bersholawat  tersebut diperuntukkan untuk secara umum dan akan dimeriahkan oleh Group Majelis Ta'lim Subbanussalimyyah dari Sumbersari  Kecamatan Kepung dan beberapa penampilan dari warga masyarakat Desa Tunglur juga turut tampil diatas panggung nanti.

Selain itu kegiatan tersebut juga bekerja sama dengan MWCNU Kecamatan Badas dan para banom NU  sehingga acara tahunan tahun ini nanti akan lebih meriah.


Sebelum acara hari H dilaksanakan, pada pagi hari ini masyarakat dan paguyupan abdi dalem sentanan serta perangkat Dusun,Kasun,RT/RW melakukan kerja bakti bersih bersih area tempat acara dan beberapa tempat lainnya yang nantinya akan digunakan sebagai tempat para tamu undangan.

Kegiatan budaya tahunan sebelumnya juga dilaksanakan ditempat ini dengan kegiatan pengajian dan Sholawat, dan tahun ini sama, namun tahun ini menghadirkan Majlis Ta'lim Subbanussalimyyah dari Sumbersari Kecamatan Kepung.

Warga Kampoeng Sentanan Desa Tunglur ini rutin melaksanakan kegiatan budaya tahunan dengan syukuran selametan, sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada para leluhur yang telah berjasa khususnya yang ada di Desa Tunglur bertempat di Kampoeng Sentanan Petilasan Adipati Minak Sengguruh dan Petilasan Mpu Bahula - Diah Ratna Mangali.

Sudah sejak turun temurun mas warga Kampoeng Sentanan Desa Tunglur mengadakan acara selametan atau syukuran ditempat ini. Di Petilasan  ini turun temurun diyakini tempat seorang sang adipati Minak Sengguruh yang pernah singgah di Desa Tunglur, apalagi kini ditambah ada bukti temuan benda cagar budaya lainnya yang diduga milik orang tua Mpu Tantular yaitu Mpu Bahula dan Diah Ratna Mangali "tutur warga abdi dalem sentanan kepada tribunus.co.id .(har)
Loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.