Tutup Apel Dansat, Pangdam IX/Udayana Tekankan Netralitas dalam Pemilu



Tabanan - Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., saat menutup kegiatan Apel Komandan Satuan Kodam IX/Udayana TA 2019, pada Selasa (12/3) di Aula Ngurah Rai Rindam IX/Udayana, Kec. Kediri, Kab. Tabanan memberikan perhatian khusus terkait dengan tahun politik pelaksanaan Pilleg dan Pilpres pada 17 April 2019 mendatang.

Apel Dansat Kodam IX/Udayana yang dilaksanakan sejak kemarin, para peserta telah menerima berbagai materi pembekalan untuk menyamakan persepsi para Komandan dan Pimpinan satuan jajaran Kodam IX/Udayana terkait dengan pokok-pokok kebijakan Pangdam lX/Udayana yang selanjutnya diaplikasikan dalam pelaksanaan program kerja satuan masing-masing.

Memasuki hari kedua rangkaian kegiatan Apel Dansat Kodam IX/Udayana yang diawali dengan kegiatan olah raga bersama dan dilanjutkan pengarahan Pangdam IX/Udayana yang pada intinya menyampaikan bahwa sebagai pimpinan satuan harus mengenal dan mengetahui secara utuh peran, tugas dan fungsi satuan yang dipimpin sehingga apapun permasalahan yang dihadapi satuan segera dapat dicarikan solusi dan jalan keluar yang tepat.

Selanjutnya Pangdam juga memberi perhatian khusus terkait dengan pelaksanaan Pemilu pada Bulan April mendatang. Pangdam menyatakan agar para Komandan Satuan mempedomani betul prosedur perbantuan TNI kepada Polri sesuai dengan Undang Undang yang berlaku, untuk itu pegang teguh komitmen netralitas TNI sebagai sumbangsih TNI dalam mendukung kelancaran pelaksanaan Pilleg maupun Pilpres mendatang.

Ada beberapa hal yang harus dipedomani oleh segenap prajurit antara lain, mantapkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dalam setiap pelaksanaan tugas, pahami kembali teori dan praktek dasar-dasar ilmu keprajuritan serta implementasikan ilmu kepemimpinan lapangan untuk menghadapi dinamika dan tantangan tugas yang semakin kompleks, bangun militansi prajurit yang memiliki moralitas dan etika keprajuritan yang tinggi, prajurit yang rela berkorban dan pantang menyerah serta senantiasa menyatu dengan rakyat.

Kemudian budayakan sharing pengalaman dan saling tukar informasi antara pemimpin dengan yang dipimpin, guna mendukung keberhasilan dalam pembinaan satuan. Pelihara dan tingkatkan kemampuan jasmani perorangan dan satuan demi terwujudnya postur prajurit yang tangguh dalam melaksanakan tugas dan tingkatkan kewaspadaan, ketanggapsegeraan satuan terhadap setiap perkembangan situasi dan laksanakan budaya deteksi dini, lapor cepat sehingga sekecil apapun permasalahan yang ada dapat ditangani dengan baik, demikian tegas Pangdam.

Pejabat yang hadir pada upacara penutupan Apel Dansat tersebut Kasdam IX/Udayana, Danrem 161/WS, Irdam IX/Udayana, Danrem 163/WSA,  Danrindam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana,  Kapok Sahli, Perwira Staf Ahli,  Staf Khusus Pangdam IX/Udayana, para Asisten Kasdam IX/Udayana,  dan para Komandan/Kepala Balak satuan jajaran Kodam IX/Udayana. (Pendam IX/Udy)
Loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.