Tari Remo Tari Legendaris Yang Terinspirasi Perjuangan Arek-Arek Jawa Timur - TRIBUNUS.CO.ID

Breaking

17 Oktober 2017

Tari Remo Tari Legendaris Yang Terinspirasi Perjuangan Arek-Arek Jawa Timur

Tari Remo merupakan salah satu tarian untuk penyambutan tamu agung, yang ditampilkan baik oleh satu atau pun  banyak penari. Tarian ini sebenarnya menceritakan tentang perjuangan seorang pangeran dalam medan laga.

Namun dalam perkembangannya tarian ini menjadi lebih sering ditarikan oleh perempuan, sehingga memunculkan gaya tarian yang lain: Remo Putri atau Tari Remo gaya perempuan.

Menurut sejarah, tari remo merupakan tari yang khusus dibawakan oleh penari laki – laki. Ini berkaitan dengan lakon yang dibawakan dalam tarian ini. Pertunjukan tari remo umumnya menampilkan kisah pangeran yang berjuang dalam sebuah medan pertempuran. Sehingga sisi kemaskulinan penari sangat dibutuhkan dalam menampilkan tarian ini.   source: http://www.foto.tempo.com

Berdasarkan perkembangan sejarah tari remo, dulunya tari remo merupakan seni tari yang digunakan sebagai pembuka dalam pertunjukan ludruk. Namun seiring berjalannya waktu, fungsi dari tari remo pun mulai beralih dari pembuka pertunjukan ludruk, menjadi tarian penyambutan tamu, khususnya tamu – tamu kenegaraan.