-->

Industri Kapal Rakyat Pasuruan Siap Bersaing Di Tingkat Nasional

Geliat industri kapal rakyat dari waktu ke waktu semakin terasa dan terdengar gaungnya. Hal tersebut sudah diwujudkan dalam Ketua Panitia Festival Parade Kapal Jawa Timur 2017 dengan tujuan diselenggarakannya event tersebut adalah sebagai apresiasi dan promosi eksistensi IKM kapal rakyat di Jatim.


“Maksud dan tujuan festival semacam itu adalah untuk memberikan apresiasi dan promosi IKM kapal rakyat di Jawa Timur.  Parade kapal rakyat juga menjadi media informasi kepada masyarakat mengenai perkembangan IKM kapal rakyat di Jawa Timur,” kata  Nor Salim .

Ketua Maskikara Jatim Nor Salim menjelaskan, kapal rakyat merupakan salah satu penopang ekonomi di Jatim khususnya di Pasuruan, Itu tak lain karena banyaknya nelayan dan pulau-pulau kecil di sepanjang pantai Utara Jawa, tak terkecuali di Jatim, yang untuk mengakses pulau-pulau tersebut hanya bisa dilakukan oleh kapal rakyat tersebut." lanjut Nor Salim

“Ada 400 lebih pulau kecil di Jawa Timur yang hanya bisa diakses oleh kapal rakyat ini. Artinya penopang industri Jawa Timur itu adalah kapal rakyat ini,” ujar Nur Salim lagi.

Nor Salim mengungkapkan bahwa rasa keingintahuan masyarakat soal perkembangan IKM kapal rakyat di Jatim semakin hari semakin tinggi. Hal itu dibuktikan dengan digelarnya acara dan  kegiatan Festival Parade Kapal Jawa Timur 2017.

Beberapa waktu lalu juga, Kementrian peehubungan memberikan bantuan 100 kapal rakyat di Pati- Jawa Tengah.

Pasuruan lanjut Nor Salim memiliki potensi industri Kapal rakyat yang patut dibanggakan. Potensi tersebut selain karena Pasuruan merupakan kota Bahari, Pasuruan memiliki nelayan dan pelaut yang ada sejak turun temurun.

Industri Pelayaran Rakyat melalui MASKIKARA yang dipandegani Nor Salim selaim mampu membuka lapangan kerja baru, hasil karya putra terbaik Pasuruan mampu melahirkan karya berupa perahu rakyat.

"Sebagai putra daerah, Saya ingin menunjukkan bahwa Pasuruan adalah kota bahari yang memiliki sesuatu yang patut dibanggakan oleh warga masyarakat Pasuruan, Bahwa wong Pasuruan mampu bersaing dengan industri kapal rakyat di tingkat Nasional, " tegas Nor Salim Ketua Umum Maskikara kepada Tribunus.co.id

(tim)



0 Komentar

Lebih baru Lebih lama