-->

Babinsa Kedungpring Aktif Sosialisasikan Bahaya Dan Pencegahan Difteri


LAMONGAN, TRIBUNUS.CO.ID -  Difteri adalah infeksi bakteri yang umumnya menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan, serta terkadang dapat memengaruhi kulit. Penyakit ini sangat menular dan termasuk infeksi serius yang berpotensi mengancam jiwa. Jumat  (02/03/18).

Langkah pencegahan paling efektif untuk penyakit ini adalah dengan vaksin. Pencegahan difteri tergabung dalam vaksin DTP. Vaksin ini meliputi difteri, tetanus, dan pertusis atau batuk rejan.

Vaksin DTP termasuk dalam imunisasi wajib bagi anak-anak di Indonesia. Pemberian vaksin ini dilakukan 5 kali pada saat anak berusia 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan, satu setengah tahun, dan lima tahun. Selanjutnya dapat diberikan booster dengan vaksin sejenis (Tdap/Td) pada usia 10 tahun dan 18 tahun. Vaksin Td dapat diulangi setiap 10 tahun untuk memberikan perlindungan yang optimal.

Dalam rangka mencegah wabah penyakit difteri pada balita dan anak anak, Babinsa Desa Kedungpring  Koramil 0812/11 kedungpring Serma Joko dan serka sukiman melaksanakan pendampingan pelaksanaan imunisasi Difteri dan DPT HIB pada Siswa siswi sekolah SD,SMP .

Pelaksanaan imunisasi Difteri dan DPT HIB di SD Negri I Kedungpring dan SMP Persatuan yang dilaksanakan oleh Bidan Ima dibantu Babinsa dengan sasaran imunisasi kepada  siswa sekolah balita

Kegiatan imunisasi ini dalam rangka mencegah wabah penyakit Difteri pada anak-anak. Tujuan diberikannya vaksin difteri agar menambah kekebalan maupun daya tahan tubuh yang dapat menangkal segala penyakit yang bisa menyerang pada tubuh balita,” kata Serma Joko

“Imunisasi Difteri sangat penting dan banyak manfa’atnya dengan imunisasi ini diharapkan anak-anak mempunyai daya tahan tubuh yang bagus sehingah tidak mudah di serang penyakit serta dapat menjadi generasi yang sehat dan dapat berguna bagi bangsa, negara serta agama,” imbuhnya

“Kegiatan penyuntikan vaksin difteri di sambut antusias oleh Siswa Siswi Sekolah dan kepala sekolah serta guru dengan harapan semoga anak-anak terhindar dari segala penyakit, khususnya Difteri,” harapnya. (Pen/red/084).

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama