-->

FPI Siap Tambah Relawan Bantu Korban Gempa Palu

Front Pembela Islam (FPI) siap mengerahkan relawan tambahan untuk membantu penanganan korban bencana gempa di Palu, Sulawesi Tengah. Pihak FPI menyebut saat ini sudah ada sekitar 500 laskar yang berada di Palu.

Angka ini kemungkinan akan terus bertambah sesuai dengan instruksi langsung Imam Besar FPI, Habib Rizieq Shibab. Hal itu diungkapkan salah seorang pengurus DPP FPI, Habib Idrus Al Gadri.

Idrus mengatakan, pihaknya Senin kemarin sempat ingin mengirimkan personel tambahan. Namun karena situasi dianggap kurang kondusif, hal itu batal dilakukan.

“Kemarin ratusan laskar dari Jakarta mau berangkat tapi tertunda karena transportasi tidak ada. Sebab katanya situasi di sana kurang kondusif. Tapi sejak hari pertama kejadian, di sana sudah ada 500-an laskar FPI dari Sulawesi,” kata Idrus kepada wartawan di Depok, Selasa, 2 Oktober 2018.

Rencananya, jika tidak ada halangan sebanyak 300 laskar FPI Jakarta di bawah komando Habib Ali Al Hamid juga akan berangkat dalam waktu dekat. Mereka nanti bakal ikut membantu Tim SAR dan bergabung bersama warga serta TNI-Polri.

“Untuk yang Jakarta kita sedang rapat, Insya Allah hari ini berangkat. Pada dasarnya FPI selalu siap. Ini bicara kemanusiaan, kita harus turun,” kata pria yang menjabat sebagai Bendahara DPP FPI.

Idrus juga mengatakan, instruksi sudah disampaikan langsung oleh Imam Besar FPI, Habib Rizieq Shihab. “Intinya Imam Besar ingin FPI all out, bantu saudara-saudara kita dis ana,” katanya.

Ketika disinggung soal biaya keberangkatan, Idrus menegaskan, pihaknya mendapat dukungan dari sejumlah donatur. “Kalau soal biaya enggak usah khawatir, Insya Allah banyak yang dukung kita,” ujar Idrus.

Idrus menambahkan, selain kebutuhan logistik, hal yang tak kalah penting yang harus disiapkan untuk para korban terdampak gempa adalah obat-obatan.

“Ini mohon maaf ya, berkaca dari peristiwa tsunami Aceh beberapa waktu lalu, jadi pengungsi itu bukan cuma butuh makan dan minum tapi juga butuh pembalut perempuan. Artinya dari hal kecil pun kita perhatikan,” katanya. (ase/VIVA/Hardani Triyoga)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama