Mencegah Gagal Panen, Babinsa Koramil Babahrot Dampingi Petani Usir Burung


Abdya- Babinsa Koramil 07/Babahrot Kodim 0110/Abdya Kopda Andri mendampingi petani binaannya usir hama burung Pipit, berlokasi di persawahan Desa Pante Cermin Kecamatan Babahrot. Senin (22/10/2018).


Kegiatan ini semakin diintensifkan oleh petani dan Babinsa terlebih saat tanaman padi menginjak masa produktif. Pada masa ini padi yang sudah mulai berisi bulir, sangat rentan dengan serangan komunitas burung pipit.


Adapun upaya yang dilakukan oleh petani dan Babinsa dalam menanggulangi hama ini ialah dengan metode manual, yakni dengan cara melakukan penghalauan berupa pemasangan tali, bunyi-bunyian, dan pembuatan orang-orangan sawah.


"Cara seperti ini sudah menjadi tradisi turun temurun, dan efektif ramah lingkungan. Memang di satu sisi suara kita akan habis karena harus teriak-teriak usir burung", ujar Kopda Andri pada Media Center di sela pendampingannya.


Lanjut Kopda Andri, bila serangan burung pipit ini dibiarkan dan dianggap remeh, maka dipastikan padi seluas 30 Hektar tersebut akan habis dan gagal panen.


Disinggung tentang kegiatannya tersebut ia menegaskan bahwa yang dilakukannya itu adalah bagian dari Upaya Khusus (Upsus) Babinsa dalam mendukung pertanian khususnya di Program Ketahanan Pangan Nasional.


"Ini adalah fase perawatan padi yang terakhir. Saya yakin para petani akan bisa melewatinya dengan sabar, hingga masa panen tiba. Kita berharap panen kali ini bisa kembali meraup hasil yang melimpah, agar taraf ekonomi petani menjadi semakin meningkat," pungkas Kopda Andri.

(Hery/PendimAbdya)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.