-->

Babinsa Bangkalan Monitoring Kesuburan Tanam Jagung Agar Panen Melimpah



Bangkalan – Dandim 0829/Bangkalan Letkol Arm Dodot Sugeng Heriadi menghimbau kepada Koramil sampai Babinsa di jajaran Kodim 0829/Bangkalan, Madura, Jawa Timur untuk membantu petani meningkatkan hasil panen jagung di wilayahnya dengan terus aktif melakukan pendampingan kepada petani, Senin (31/12/2018).

Seperti yang dilakukan oleh jajaran Koramil 0829/01 Kota dan Babinsa dalam membantu petani melaksanakan pemantauan perkembangan tanaman jagung di Desa Sembilangan Kecamatan Bangkalan, sekaligus pendampingan pada petani jagung.

Danramil 0829/01 Kota Bangkalan Kapten Inf Muhadi mengatakan, hasil tanam jagung terlihat subur dan diharapkan hasil panen mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Terlebih dengan adanya program TNI membantu para petani untuk terciptanya swasembada pangan di akhir tahun 2018 ini.

“Untuk melakukan budidaya jagung hibrida, kami menenkankan kepada petani, tentang beberapa tips cara menanam jagung hibrida yang benar, dari mulai memilih benih, menyiapkan lahan tanam, penanaman jagung, perawatan tanaman jagung, hingga pemanenan jagung yang melimpah,” terangnya.

Lanjutnya, dalam membantu petani, TNI tidak hanya pada saat panen saja. Namun sejak mulai pembibitan hingga panen juga turun tangan ikut mengawasi, bersama gabungan kelompok tani (Gapoktan).

“Sehingga usai panen para petani bisa memahami apa yang harus dilakukan dan dipersiapkan guna menghadapi musim tanam selanjutnya,” ujarnya.

Selain Danramil dan Babinsa, petani juga didampingi petugas penyuluh lapangan (PPL) Kantor Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Bangkalan.

Danramil 0829/01 Kota Bangkalan, selaku pendamping kelompok tani di Desa Sembilangan Kecamatan Bangkalan, bahwa kegiatan pendampingan ini merupakan wujud kerjasama antara TNI, Distan, PPL dan para petani dalam upaya meningkatkan produksi pangan.      (Pendam Brawijaya)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama