-->

Danrem 142/ Tatag Tunggangi Kuda Pattudu



Tribunus Mamuju -  Danrem 142/Tatag Kolonel Inf. Taufiq Shobri bersama forkopinda menunggangi Kuda Pattudu dalam rangka kegiatan Maulid Nabi besar Muhammad SAW dan Khatam Al-Qur'an yang dilaksanakan di anjungan pantai Manakarra Mamuju Kab. Mamuju Prov. Sulbar (31/12).

Kuda Pattudu atau disebut juga Kuda Menari merupakan ikon wisata unggulan di wilayah Tanah Mandar yang rutin digelar setiap tahun pada festival Kuda Pattudu di Polewali Mandar.

Kuda Pattudu ini sering dilakukan pada kegiatan Maulid Nabi dan acara Khatam Al-Qur'an dan sering terlihat orang yang duduk diatas Kuda menggunakan pakaian adat Mandar bahkan ada yang menggunakan pakaian yang menyerupai orang yang baru kembali dari Tanah Suci bahkan terkadang para pejabat duduk diatas Kuda sebagai penghargaan dan penghormatan.

Orang yang duduk diatas kuda biasanya dikawal empat orang, dua orang pawan Kuda sebagai pengapit, satu orang memegang tali Kuda dan satu orang lagi membawakan pantun berbahasa Mandar berupa pujian kepada yang duduk diatas kuda.

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama