Satgas Yonif 711/Raksatama Evakuasi Warga Sakit Tengah Malam



 AMBON  - Ibu Sahra (72 tahun) merupakan warga Negeri Wakal Kec. Leihitu Kab. Maluku Tengah, Ibu Sahra mengalami sakit komplikasi, pihak keluarga meminta bantuan pengobatan ke Pos Wakal SSK I Satgas Yonif 711/Rks, Kolakops Korem 151/Binaiya karena Puskesmas Kecamatan tidak buka 24 jam dan Rumah sakit terdekat berjarak cukup jauh, serta terbatasnya sarana transportasi.

Kondisi Ibu Sahra yang kritis, sehingga dengan cepat Danki SSK I Kapten Inf Junior Gideon melaporkan kejadian tersebut kepada Dansatgas Letkol Inf Fanny Pantouw, M.Tr. Han., M IPol. Untuk memohon bantuan quick respons Raksatama mobile Team untuk mengevakuasi ibu sahra ke rumah sakit yang lebih lengkap fasilitas medisnya.

Negeri Wakal berjarak cukup jauh dari Kota Ambon dengan medan pegunungan serta jalan yang sempit. Dengan cepat tim kesehatan Satgas Yonif 711/Rks bergerak dan mengevakuasi Ibu Sahra ke Rumkit TK III Dr.J.A. Latumeten Ambon.

"Kami menerima informasi dari Danki SSK I Satgas Yonif 711/Rks sekitar pukul 23.00 WIT bahwa ada masyarakat yang membutuhkan bantuan kesehatan sehingga kami mengirimkan dokter dan ambulance,"dikatakan Dansatgas Yonif 711/Rks Letkol Inf Fanny Pantouw, M.Tr. Han., MIPol.

"Fasilitas dan tenaga kesehatan Puskesmas yang kurang, membuat masyarakat yang sakit harus dirujuk ke RS yang lebih lengkap namun sulitnya transportasi menuju kota, selain itu konflik yang terjadi antar Negeri menjadi kendala mereka sehingga kami memberikan pelayanan kesehatan mobile berupa dokter dan ambulance,"Tambahnya.

"Dokter, team medis, ambulance dan pengaman dalam 711 quick respons team juga setiap hari berkeliling ke jajaran pulau Ambon selain untuk mengecek kesehatan anggota juga melayani pelayanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah Satgas Yonif 711/ Raksatama sehingga 711 QRT setiap saat siap bergerak apabila masyarakat butuhkan," tutupnya.

Dengan adanya fasilitas dokter dan ambulance ini masyarakat merasa sangat terbantu. "Kami sangat berterima kasih kepada Satgas Yonif 711/Rks, dengan adanya fasilitas dokter dan ambulance gratis ini masyarakat merasa sangat terbantu, sehingga apabila ada masyarakat yang sakit dapat cepat di bawa ke rumah sakit,"ungkap alfira anak dari ibu sahra.   [Penrem Binaiya]




Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.