Muspika Singosari Gelar Apel Kesiapan Pengamanan Pemilu 2019



Tribunus.co.id, Malang - Musyawarah pimpinan Kecamatan (Muspika) Singosari melaksanakan apel memastikan kesiapan pengamanan jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Apel Pasukan Operasi Mantap Brata itu berlangsung di halaman Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kecamatan Singosari, Sabtu (23/3/2019) pagi.

Dengan dipimpin langsung oleh Kompol Untung Bagyo Rianto, SH, kegiatan tersebut dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) sebanyak 500 personel dari berbagai unsur.

Kapolsek Singosari, Kompol Untung Bagyo Rianto, SH menyampaikan, kegiatan ini selain silaturahmi dan memperkuat sinergitas juga merupakan langkah konsolidasi untuk menyatukan kesiapan TNI dan Polri, serta seluruh elemen masyarakat dalam menghadapi pemilu yang aman dan kondusif.

Menurut Kompol Untung, langkah-langkah yang dilakukan Polri dan TNI yaitu melakukan upaya preventif dalam penyelenggaraan pemilu.

"Kita melaksanakan perintah Kapolres Malang, untuk melaksanakan apel Operasi Mantap Brata, yang tujuannya untuk pengamanan Pemilu serentak April mendatang," ungkap Kapolsek Singosari, Kompol Untung Bagyo Rianto, SH.

Kompol Untung menyebutkan terkait personel yang akan dilibatkan dalam pengamanan nantinya, Polsek Singosari akan mengerahkan ribuan personel yang akan disebar di beberapa titik TPS.

"Untuk personel yang akan dilibatkan kurang lebih 1000. Diantaranya TNI, Polri, Banser, Anshor, Forum Beda Tapi Mesra dan ormas lainnya," imbuhnya.

Kemudian, dalam kegiatan selain gelar pasukan juga melakukan simulasi pengamanan, sebagai suatu langkah untuk menyamakan persepsi secara teknis dan taktis di lapangan.

Diharapkan dengan adanya simulasi ini lanjut Kapolsek Singosari, seluruh personel yang diturunkan dapat memahami mengenai teknis pengamanan.

Sementara itu, pada kesempatan ini Danramil Singosari Kapten Arm Abdul Qodir dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini bertujuan mempermantap pengamanan jelang Pemilu 17 April 2019.

"Mengapa demikian, karena baru kali ini dilakukan pemilu serentak legislatif dan eksekutif," terang Kapten Arm Abdul Qodir, kepada tribunus.co.id.

Abdul Qodir menjelaskan, mengenai keamanan Kecamatan Singosari ini tergantung stakeholder yang ada di wilayah Singosari sendiri, oleh karenanya Danramil mengerahkan seluruh anggotanya untuk ikut terlibat tanpa terkecuali.

"Untuk pengamanan pemilu tahun ini, selain dari unsur TNI dan Polri, juga membutuhkan partisipasi dari elemen masyarakat untuk mewujudkan situasi yang aman, damai dan sejuk," lanjutnya. (An)
Loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.