-->

Pemicuan Sanitasi Berbasis Masyarakat di Lokasi TMMD 104 Kodim 0824/Jember




TRIBUNUS.CO.ID, Jember - Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) reg 104 Kodim 0824/Jember di Desa Gunungmalang Kec. Sumberjambe tinggal 9 hari lagi.

Bidan Wiwik di dampingi Tim Kesehatan Kodim 0824/Jember Sertu Sugianto yang berada di Dsn. Krajan Ds. Sumberjambe Kec. Gunungmalang ini sangat semangat saat memberikan arahan kepada ibu-ibu, Kegiatan Pemicuan merupakan salah satu bentuk dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jember melalui Puskesmas Gunungmalang untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat di lokasi TMMD Jember, Dengan kegiatan yang dilakukan pemicuan sanitasi total berbasis masyarakat untuk mengubah prilaku atau masyarakat yang terkait dengan udara besar, sehingga pada akhirnya masyarakat tersadarkan akan menggunakan bantuan jamban sendiri.

Pembinaan yang dilakukan oleh nara sumber pemicuan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) sangat santai dan menyenangkan bagi ibu-ibu yang hadir, dimana para peserta diajak untuk mendapatkan materi yang disampaikan tentang prilaku hidup sehat dan sehat, layaknya seperti sekolah taman kanak -kanak namun yang demikian membuat ibu-ibu yang hadir merasa senang dan riang.

Salah satu peserta dari Dsn. Krajan Ibu Lestari dengan penuh kegembiraan mengikuti acara ini, kegiatan ini dibahas dihalaman terbuka yaitu didepan rumah salah satu warga meningkatkan ruang gerak peserta dan nara sumber dapat leluasa, kemudian ditonton para pesertapun semakin sering mencari diskusi , nampak jelas dari raut muka peserta dimana membentuk lingkaran bertemu sumber.

Tujuan kegiatan ini terang Bidan Wiwik, “tujuan pemicuan ini adalah untuk mengubah prilaku masyarakat dalam membuang air besar”.(Penrem 083/Bdj)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama