Kodam IX/Udayana Tirta Yatra ke Tujuh Pura Kahyangan Jagat di Bali





Denpasar - Sebagai rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun Ke 62, Kodam IX/Udayana kembali melanjutkan kegiatan Tirtayatra atau perjalanan suci persembahyangan di Pura-Pura Kayangan Jagat yang ada di Pulau Dewata Bali, pada Minggu (26/5/2019).

Kegiatan Tirtayatra dilaksanakan secara serentak di tujuh Pura Kayangan Jagat di Bali antara lain Pura Pasar Agung Kecamatan Selat Karangasem, Pura Andakasa Kecamatan Manggis Karangasem, Pura Gowa Lawah Kecamatan Dawan Klungkung, Pura Ulu Watu Kecamatan Kuta Selatan Badung, Pura Rambut Siwi Kecamatan Mendoyo Jembrana serta Pura Puncak Manik dan Pura Kerta Kawat Kecamatan Gerogak Buleleng.

Koordinator kegiatan Tirtayatra, Asisten Teritorial (Aster) Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf I Kadek Subawa, atas seijin Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., mengatakan kegiatan Tirtayatra tersebut melibatkan ratusan Personel Kodam IX/Udayana dengan jajaran yang terbagi menjadi empat wilayah yaitu wilayah timur meliputi Kabupaten Karangasem dan Klungkung, wilayah selatan Kabupaten Badung, wilayah barat Kabupaten Jembrana dan wilayah utara yaitu Kabupaten Buleleng.

"Kegiatan persembahyangan ke Pura-Pura Kahyangan Jagat ini merupakan salah satu rangkaian Hari Ulang Tahun Ke 62 Kodam IX/Udayana", jelas Aster.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan ini dimaknai oleh Umat Hindu Kodam IX/Udayana sebagai perjalanan suci dan ini bukanlah perjalanan biasa untuk bersembahyang, namun didalamnya memuat makna yang mendalam untuk meningkatkan spiritualisme, srada bhakti serta pengendalian diri sebagai umat beragama, karena sesungguhnya dalam perjalanan suci atau Tirtayatra ini akan menumbuhkan suatu komunikasi sosial simakrama (silaturahmi) yang juga saling mendekatkan antara Umat Hindu Kodam IX/Udayana termasuk dengan masyarakat pengempon di masing-masing Pura tersebut.

"Makna penting dari kegiatan ini adalah kita mendoakan Kodam IX/Udayana di usianya yang Ke 62 akan semakin matang dan baik dalam melaksanakan tugasnya yang meliputi wilayah Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur termasuk juga bagi seluruh personelnya diharapkan selalu dapat mengendalikan diri dalam setiap pelaksanaan tugasnya sesuai motto Kodam IX/Udayana, Praja Raksaka, yaitu mampu mengayomi dan melindungi masyarakat dan wilayah tugas satuan ini", demikian ungkap Kolonel Kadek.

Pantauan di lapangan, kegiatan Tirtayatra di Pura-Pura Kayangan Jagat di wilayah Kabupaten Karangasem, Klungkung dan Badung dihadiri oleh beberapa pejabat Kodam IX/Udayana diantaranya, Staf Ahli Pangdam IX/Udayana Bidang OMSP Kolonel Arm Kadek Arya, Staf Ahli Pangdam Bidang Hukum Humaniter Kolonel Arm I Made Sukarwa, Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf I Kadek Subawa, Liason Officer (LO) Angkatan Laut Kolonel Laut (P) I Gede Mertayasa, Kakesdam IX/Udayana Kolonel Ckm drg. I Ketut Sukarnanta dan beberapa pejabat lainnya serta dikoordinir oleh satuan Kodim setempat.

Sementara kegiatan di wilayah Kabupaten Jembrana dikoordinir oleh Kodim 1617/Jembrana dan di wilayah Buleleng dikoordinir oleh Kodim 1609/Buleleng.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, beberapa waktu lalu juga telah dilaksanakan Tirtayatra ke Pura Lempuyang Luhur Karangasem (04/05), Pura Besakih Karangasem dan Pura Ulundanu Batur Kintamani Bangli (18/05) serta Pura Puncak Mangu Badung dan Batukaru Tabanan (20/05) lalu. (Penrem 163/WSA)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.