Belu, NTT, tribunus.co.id  - Belajar sambil menikmati suasana alam adalah media yang sangat baik untuk proses perkembangan kecerdasan anak. Ada banyak hal yang bisa dikenalkan kepada anak. Biasanya, alam juga memberikan suasana berbeda untuk berinteraksi secara langsung dengan lingkungan dan membantu membuka imajinasi .

Anggota TNI Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 408/Sbh Praka Indara dan Pratu Wildan Sebagai tenaga pendidik Pos Lakmaras mengajak para siswa-siswi SD Khatolik Henes Dusun. Purkou Desa. Henes Kec. Lamaknen Selatan Kab. Belu untuk belajar dan menikmati suasana alam.

Pembelajaran di alam terbuka ini baru pertama kali dilaksanakan di SD tersebut harapannya dengan metode ini para siswa tidak mudah bosan dalam mengikuti kegiatan belajar.

"Belajar di alam terbuka akan membantu membuka pikiran siswa-siswi. Mereka akan berpikir bahwa belajar bukanlah kegiatan yang membosankan dan harus dilakukan di dalam kelas dengan situasi formal. Namun, belajar dapat dilakukan di mana saja dan menjadi kegiatan yang menyenangkan," ungkap Dansatgas Mayor Inf Joni Eko Prasetyo S.I.P.

Kegiatan belajar mengajar di SD Khatolik Henes Dusun. Purkou Desa. Henes Kec. Lamaknen Selatan Kab Belu ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh anggota Satgas Yonif Raider 408/Sbh khususnya Pos Lakmars.

"Kegiatan mengajar di SD ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Pos Lakmars, akan tetapi kali ini kegiatan mengajar dilakukan dengan metode yang berbeda yaitu belajar di alam terbuka karena dengan metode belajar di alam terbuka ini dapat memperluas pandangan anak - anak bahwa belajar itu bisa menggunakan apa saja. Disamping itu dengan metode belajar di alam terbuka kita dapat menyampaikam pesan moral kepada para siswa agar selalu menanamkan kecintaan pada alam karena sebagai manusia kita mempunyai kewajiban menjaga dan merawat alam sehingga tetap asri dan tidak tercemar," tambah Mayor Joni.

Siswa-siswi SD Khatolik Henes sangat berantusias mengikuti pelajaran dari Anggota TNI Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 408/Sbh salah satunya Siswa kelas V Nandri sangat senang mengikuiti pelajaran yang dibawakan bapak TNI dan lebih rileks didalam belajar mengajar.

"Belajar di alam terbuka membuat kami tidak mudah bosan, karena dengan melihat hijaunya dedaunan dan segarnya udara di luar membuat kami lebih muda memahami pelajaran yang disampaikan," ungkap Nandri.

Ungkapan Terimakasih juga disampaikan oleh Kepala Sekolah SD Khatolik Henes Ibu Kristina.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada bapak-bapak TNI dari Satgas Yonif Raider 408/Sbh atas ketersediaannya membantu para guru yang ada di sekolah ini. Kami berharap dengan metode pembelajaran di alam terbuka ini dapat meningkatkan motifasi anak didik kami sehingga mereka lebih rajin dan giat untuk belajar dengan demikian apa yang mereka cita citakan dapat tercapai," ungkap Kristina. (Pen Satgas Yonif R 408/Sbh)