Jelang Pilkades Serentak, Desa Kunjang Gelar Sosialisasi Dan Pembentukan Panitia


Camat Kunjang Harminto S,Sos, MM didampingi PJ Desa Kunjang,Danramil dan Wakapolsek Kunjang 

KEDIRI,TRIBUNUS.CO.ID - Pesta Demokrasi ditingkat Desa (Pilkades Serentak) akan segera dilaksanakan di wilayah Kabupaten Kediri tahun ini. Salah satu piranti pokok paling penting untuk melaksanakan Pilkades Serentak 2019 ini adalah pembentukan kepanitian dimasing masing desa.

Seperti yang dilaksanakan di Desa Kunjang Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri  pada sore hari ini, dimana Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Kunjang telah menggelar tahap persiapan dalam rangka  pembentukan Panitia Pilkades  Desa Kunjang ,diantaranya dengan menggelar sosialisasi dan musyawarah desa yang dihadiri sekitar 100 undangan dari Lembaga Desa, Elemen dan Ormas Masyarakat ,Lembaga Masyarakat,Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat, Ketua RT maupun RW ,Karangtaruna Desa, dan PKK.


Acara sosialisasi dalam rangka  Pembentukan Panitia Pilkades tersebut dilaksanakan Di Gedung Kantor Desa Kunjang Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri Jawa Timur. Pada Sabtu sore (29/6/2019).


Selain itu acara tersebut juga dihadiri Mantan Kepala Desa Kunjang HM Imam Supandi, PJ Kepala Desa Kunjang Ibu Sukarninik,Bapak Masduki,
Camat  Kunjang bapak Harminto, S.Sos.MM, Danramil Kunjang dan Wakapolsek Kunjang.

Diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjut sambutan dari PJ Desa Kunjang Ibu Sukarninik , Sambutan dari bapak Camat Kunjang Harminto S.Sos MM dan dilanjut dengan pemaparan tahapan tahapan pilkades  sekaligus pembentukan kepanitiaan Pilkades Desa Kunjang oleh Pak Masdukin PJ sekaligus staf Kecamatan .

PJ Desa Kunjang Ibu Sukarninik memberikan pengarahan sosialisasi pembentukan tim panitia pilkades

Dalam sambutanya PJ Desa Kunjang Ibu Sukarninik menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap para undangan yang telah hadir pada acara Pembentukan Panitia Pilkades pada sore hari ini.

Ia mengatakan "Bahwa pada sore hari ini Desa Kunjang dalam hal ini Badan Permusyawaratan Desa melaksanakan Sosialisasi sekaligus  Pembentukan Tim Panitia Pemilihan Kepala Desa sebagai dasar tahapan persiapan awal  dalam rangka mengikuti pesta demokrasi serentak 2019 Kabupaten Kediri. untuk memilih calon pemimpin Desa yang baru"tutur Ibu Sukarninik.

Dalam sambutannya Camat Kunjang bapak  Harminto, S.Sos.MM saat diwawancarai tribunus.co.id mengatakan " Ada 35 Desa di 20 Kecamatan di Kabupaten Kediri pada tahun ini akan menggelar pesta demokrasi Pilkades Serentak yang jatuh pada 26 Agustus 2019 mendatang.

Sementara di Kecamatan Kunjang sendiri ada Dua Desa yang akan memiliki hajat pemilihan Kepala Desa  yaitu di Desa Kuik dan di Desa Kunjang" terang Harminto .

Ia menjelaskan "Sebelum melaksanakan pemilihan kepala desa ini, tentunya ada beberapa tahapan yang harus dilalui masing masing desa yaitu sosialisasi dan pembentukan panitia kepala desa.

Di Kecamatan Kunjang sendiri pada hari ini sudah rampung melaksanakan kegiatan tersebut ,yaitu diawali di Desa Kuik yang dilaksanakan pada pukul 10:00 Wib pagi tadi dan di Desa Kunjang dilaksanakan pada pukul 14:00 Wib.

Alhamdulilah pelaksanaan dalam rangka pembentukan panitia pemilihan kepala desa di Kecamatan Kunjang pada hari ini berjalan dengan aman dan lancar.



Kami berharap kepada Ketua BPD khususnya, dalam rangka pembentukan panitia pemilihan kepala desa harus benar benar memilih orang yang  mampu dan mau,karena pemilihan kepala desa butuh kejelian dan,ketepatan agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan." imbuhnya.

Senada dengan itu Bapak Masdukin selaku PJ dan Staf Kecamatan Kunjang juga menjelaskan beberapa tahap yang harus dijalankan saat mengikuti pilkades serentak di Kabupaten Kediri pada tahun ini, diantaranya adalah tahapan persiapan sosialisasi dan pembentukan panitia pilkades pada tanggal 27 Juni  sampai 1 Juli 2019 selanjutnya disusul dengan tahapan pemilihan penjaringan pada tanggal 2 sampai 3 Juli 2019, selanjutnya disusul dengan tahapan Pengumuman dan Pendaftaran Balon Kades pada tanggal 4 sampai dengan 16 Juli  2019,selanjutnya tahapan Penelitian kelengkapan persyaratan administrasi Balon Kades pada tanggal 17 hingga 13 Agustus 2019, selanjutnya disusul tahapan Pendaftaran Balon Kades pada tanggal 17 sampai dengan 29 Juli 2019, selanjutnya tahapan Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Calon Kades pada tanggal 14 Agustus 2019, selanjutnya tahapan Masa Kampanye selama 5 hari dari tanggal 16 sampai dengan tanggal 20 Agustus 2019 dan tahapan Pemungutan Suara pada tanggal 26 Agustus 2019 ,dan terakhir Pelantikan Kades terpilih pada bulan September 2019"jelasnya.(har)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.