Ini Peran Babinsa Dalam Ciptakan Kondusifitas Wilayah




Lumajang,  tribunus.co.id  - Sebagai upaya dalam menciptakan kondusifitas di wilayah desa binaan, Babinsa Boreng Koramil 0821/01 Lumajang turut berperan aktif dalam sosialisasi pembentukan tiga lapis sistem keamanan desa di Balai Desa Boreng, Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (12/08/2019) malam.

Kegiatan sosialisasi tersebut, dihadiri oleh Kapolsek Lumajang beserta Babinkamtibmas Boreng, Babinsa Boreng, Kepala Desa Boreng beserta staf, Mahasiswa KKN Universitas Widya Gama Lumajang dan Satgas Keamanan Desa (SKD) Boreng.

Ipda Darmanto, sekalu Kapolsek Lumajang menyampaikan asal mula terbentuknya Satgas Keamanan Desa di wilayah Kabupaten Lumajang.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga menjelaskan tentang cara pengamanan kandang dan hewan ternak, khususnya ternak sapi dengan menggunakan rantai.

"Wilayah Kabupaten Lumajang marak akan pencurian ternak, terutama ternak sapi, untuk itu pihak kepolisian beserta TNI dan perangkat desa serta SKD selalu aktif melaksanakan patroli wilayah," ujarnya.

Sementara itu Babinsa Boreng, Serma Andreas Eko Prayogi dalam materinya menjelaskan tentang tugas pokok babinsa sebagai aparat kewilayahan dalam mendukung pemerintah desa mewujudkan situasi wilayah yang kondusif.

"Secara teknis, SKD bertugas membantu pemerintah desa dalam menjaga keamanan dan ketertiban desa selalu dalam keadaan kondusif, yang langsung berada di bawah komando kepala desa," jelasnya.

"Menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban wilayah bukan hanya tugas tanggung jawab aparat keamanan saja, tetapi peran aktif masyarakat yang bersinergi dengan aparat keamanan dan aparat pemerinrahan sangat diperlukan, agar kondusifitas wilayah dapat terwujud," tutup Serma Eko.

Oma

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.