Camat Kademangan Potensikan Sungai Legundi Jadi Tempat Wisata Lokal

Sungai Legundi Kademangan



Probolinggo, Tribunus - Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo Jawa Timur berupaya kembangkan sungai legundi yang sebelumnya terlihat kotor karena sampah, kini akan di sulap menjadi tempat wisata lokal yang indah.

Untuk mewujudkan upaya itu, Camat Kademangan Pujo Satrio mengatakan, mulai hari jadi kota probolinggo ke 660 pada 4 September 2019 bersama-sama dengan elemen masyarakat sekitar membersihkan sampah di sepanjang sungai legundi dan mengecat tebing sungai dengan warna warni yang cerah.

Ia pun berharap dukungan dari stakeholder terkait. Kedepan secara bertahap sungai legundi akan kita jadikan tempat wisata lokal. Sementara ini akan kita jadikan kolam pancing, sambil mengedukasi kepada masyarakat agar sadar terhadap kebersihan lingkungan, dan tidak lagi membuang sampah sembarangan di sungai.

"Mulai hari jadi kota probolinggo yang ke 660 pada 4 September-2019, setiap hari Jumat kami fokus membenahi dan bersihkan sungai legundi dari sampah. Hari ini kita tebar benur ikan nila 2000 ekor, dan benur ikan lele 2000 ekor," ujar Pujo Strio usai bersih-bersih sampah di sepanjag sungai legundi bersama elemen masyarakat, Jumat (4/10/2019).

Sementara itu, Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin saat di lokasi sungai legundi mengatakan, kegiatan bersih-bersih sungai ini sekaligus mengajak masyarakat untuk peduli lingkungan. "Karena apabila sungainya bersih bisa menjadi tempat wisata lokal yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitarnya," kata wali kota.

Menurut wali kota, tanpa adanya gerakan langkah seperti ini apa yang digagas oleh kecamatan kademangan tentunya tidak bisa berhasil. Bilamana masyarakat tidak bisa ikut andil untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Dengan adanya kebersihan lingkungan, menurut wali kota, masyarakat akan ikut merasakan dan kenyamanan. Sehingga lingkungan ini bisa menjadi tempat wisata lokal bagi warga sekitarnya, dan bagi masyarakat probolinggo. "Dan ini bisa menumbuhkan perekonomian kalau nantinya kebersihan ini bisa terus menerus bisa kita pertahankan," ungkap wali kota.

Untuk mempertahan kebersihan lingkungan sungai legundi, kata wali kota yang lebih populis dipanggil dengan sebutan Habib Hadi ini mengatakan, pihaknya akan menghimbau warga sekitar.

"Warga sekitar akan kita kumpulkan melalui pak camat. Agar warga di sekitar sungai legundi ini untuk bisa melestarikan dan memanfaatkan potensi yang ada ini," ucapnya.

Tanpa dimanfaatkan potensi yang ada ini, tidak mungkin berhasil apa yang kita harapkan. Kita buat sungai ini menjadi tempat lomba mancing, kita buat edukasi dan segala macam, sehingga ini menjadi suatu hal yang positif. Tanpa melibatkan masyarakat semua ini tidak mungkin akan berhasil, ujar Habib Hadi.

"Kami serahkan kepada masyarakat untuk menjaga. Karena tidak mungkin pemerintah bisa menjaganya tanpa masyarakat ikut andil," tandas orang nomor satu di kota probolinggo ini. (Singgih).

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.