Massa Ormas Amunisi, Protes Pelantikan Dr. M. Senen Har, yang Saat Ini Masih Menjabat Pj Sekda, dan Asisten l Pemkab Banyuasin

Foto Istimewa masa Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Aliansi Masyarakat Untuk Institusi (Amunisi) berdemo di depan kantor bupati banyuasin, Rabu (02/10/2019).


BANYUASIN,TRIBUNUS.CO.ID - Wakil Bupati (Wabup) Banyuasin H. Slamet Somosentono melantik pejabat Asisten I dan II Pemkab Banyuasin yang bertempat di ruang kerjanya kedinasan Wabup Banyuasin Sumsel.

Wakil Bupati Banyuasin H. Slamet Somosentono mengatakan pelantikan Asisten I dan II berdasarkan Keputusan Bupati Banyuasin Nomor : 821/1900 6010/KPTS/BKPSDM/2019 tentang pengangkatan pejabat PTP dilingkungan Pemkab Banyuasin, Rabu (02/10/2019).

Atas pelantikan tersebut, puluhan massa yang mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Untuk Institusi (Amunisi) Banyuasin menggeruduk kantor bupati banyuasin.

Seperti yang kita ketahui Asisten I dijabat Dr. M Senen Har tukar posisi dengan Asisten II yang dijabat Ir Kosarudin, MM. Sementara Dr. M Senen Har saat ini merangkap jabatan Pj Sekda, Asisten l, dan Akan dilantik lagi menjabat Asisten lI, Pemkab Banyuasin.

Amunisi memprotes pelantikan itu dituding bagian dari upaya untuk meloloskan syarat salah satu pejabat ASN yang dilantik untuk ikut lelang jabatan Sekda Banyuasin yang akan dilakukan beberapa waktu akan datang.
Berdasarkan Permendagri Nomor 5 tahun 2005 Pasal 1 ayat 2 huruf B menyatakan 4 syarat administratif yakni sekurang-kurangnya pernah menduduki 2 jabatan struktural eselon IIb yang berbeda. 

“Oleh karena itu, kami minta Bupati batalkan pelantikan asisten tersebut,”ujar Ari Anggara Korlap didampingi Junardi Korlap Amunisi.

Selain itu, pejabat Aparat Sipil Negara (ASN) yang dilantik rangkap jabatan karena Pj Sekda yang baru dilantik kini kembali dilantik menjadi Asisten II, seakan-akan tidak ada orang lain lagi yang menduduki jabatan itu. 

“Bupati harus menyelesaikan rangkap jabatan ASN karena diatur dalam Undang-undang No.25 tahun 2009 dijelaskan ASN tidak boleh merangkap jabatan,”tambah Efriadi Efendi Ketua Amunisi Banyuasin.

Pewarta : rn

Artikel Terkait

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.