-->

Kunjungi Pengungsi Wamena, Wiranto: 'Warga Yang Akan Kembali Ke Wamena Difasilitasi Pemerintah.'





Wamena , Papua tribunus.co.id -Menkopolhukam Republik Indonesia Jendral (Purn) Wiranto menegaskan jika setelah ia meninjau Kota Wamena pasca Konflik Kemarin bersama dengan Panglima TNI, Kapolri , Mentri Sosial, Mentri Kesehatan, dan Mentri BUMN mewakili pemerintah pusat untuk meliahat, mendengarkan  secara langsung apa yang terjadi dan diharapkan maupun dikeluhkan masyarakat baik papua dan Non Papua.
Menurutnya, ia juga ingin tahu apa yang telah dilakukan oleh aparat selama ini, dan semua itu telah didengarkan, bahkan ia beserta rombongan langsung menemui para pengungsi yang masih ada di Wamena dan sudah melakukan dialog dan disaksikan semua, jika warga Non Papua ini ingin tetap tinggal di Jayawijaya.

“kehidupan dari masyarakat Non Papua yang ada di Pengungsian itu ada di Wamena, mereka telah merintis itu selama puluhan tahun, mereka tidak ingin kembali ke daerah asalnya tetapi ingin tetap tinggal di Wamena dengan catatan keamanan keamanan di jamin ,”ungkapnya usai pertemuan dengan paguyuban di Gedung Aithosa Wamena Selasa (8/10) kemarin.

Dari permintaan masyarakat dipengungsian itu, Kata Wiranto, langsung ditanggapi oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jendral Pol. Toto Karnavian jika TNI / Polri menjamin keamanan bagi seluruh masyarakat baik itu Masyarakat Asli Papua maupun Non Papua, demikian pula saat bertemu dengan tokoh masyarakat, agama, adat, mereka juga menjamin keamanan.

“ mereka menginginkan untuk saudara –saudara non Papua untuk tidak pulang kembali ke daerah asalnya, mereka ingin tetap mereka berada disini untuk membangun apa yang sekarang rusak dan menggiinkan kembali memulihkan apa yang terjadi, saya kira itu suatu semangat yang luar biasa,”katanya.

Menurut Menkopolhukam, ini yang nantinya akan disampaikan kepada Presiden  agar pemerintah pusat mengambil langkah –langkah dan perintah presiden untuk segera memulihkan kondisi fisik di Wamena, baik itu rumah, ruko, gedung pemerintah, Pelayanan PLN yang terbakar, atau fasilitas umum lainnya yang dirusak akan segera dipulihkan.

“kami juga ingin agar segera memulihkan semangat kebersamaan, persaudaraan , dan perdamaian, saya kira ini yang ingin dicapai oleh pemerintah sehingga dapat dipahami oleh seluruh masyarakat indonesia, dan yang terpenting jangan sampai kita percaya berita Hoaks lagi seakan –akan disini masih rusuh, namun kenyataannya sekarang ini sudah aman kembali jika kita membangun apa yang diharapkan masyarakat,”jelasnya.

Wiranto juga menegaskan jika, dari pertuannya dengan pengungsi, mereka inginkan untuk teman –teman warga non Papua yanbg mengungsi ke Luar Jayawijaya untuk kembali ke pekerjaan mereka selama ini, mereka juga siap mengajak sanak keluarganya yang sudah terlanjur mengungsi baik di Jayapura maupun di kampung halaman mereka untuk dikembalikan kemari.

“ pengungsi yang masih bertahan ini yang akan mengajak, dan saya pikir ini akan terjadi secepatnya selama bisa segera memulihkan keamanan disni atau jaminan keamanan secara fisik dilihat oleh mereka, dan pemerintah bisa merehablitasi bangunan yang rusak,”tegasnya

Menkopolhukam melihat jika masyarakat asli Papua sudah melihat masyarakat Non Papua sebagai keluarga dan Masyarakat Non Papua juga masih senang tinggal dini, tokoh masyarakat , agama, adat mendukung dan keamanan juga telah di jaminmungkin sudah tidak ada permasalahan saat ini.




“ masalahnya sampai dengan saat ini masih muncul hoax, yang ingin terus mkembuat suasana ini terus menjadi kacau, itu yang harus dilawan bersama –sama,”tuturnya

Ia menambahkan, pemerintah berkewajiban untuk melindungi segenap masyarakatnya disemua tempat termasuk juga mahasiswa Papua yang ada di luar Papua, pihaknya jurstu juga meminta kepada mahasiswa punya daya intelejensi dan integiritas yang tinggi untuk segera mengajak saudaranya agar mengajak saudaranya untuk memulihkan situasi yang sementara ini tidak normal.

“ dengan kondisi sekarang ini , dan dengan semangat yang ada saya kira secepatnya siutuasi di Wamena dan Seluruh Jayawijaya bisa normal kembali, sehingga masyarakat yang mengungsi keluar Wamena pasti akan difasilitasi untuk kembali ke Wamena,”tambah Wiranto.
(Red)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama