-->

10 Pulau Paling Luas Di Dunia, Papua Urutan Kedua



Pulau adalah sebuah daratan yang di kelilingi oleh air dan di atas permukaan air pada saat air pasang sedang naik. Jadi definisinya adalah sebuah daratan yang tidak boleh tenggelam pada saat air pasang naik dan juga bukan pulau buatan manusia. Di indonesia sendiri sebagai negara kepulauan memiliki lebih dari 17.000 pulau.

Dan di antara 17.000 pulau di indonesia, ada yang merupakan pulau besar seperti Pulau kalimantan dan Papua. Selain di indonesia, di belahan Bumi ini juga ada pulau-pulau besar dan juga terbesar di dunia. berikut ini adalah pulau-pulau terbesar di dunia.

1. Pulau Greenland
Mendengar kata Greenland pasti terbayang kalau Greenland merupakan daratan hijau yang sangat luas seperti di padang savana. Itu salah, Greenland adalah sebuah pulau es yang sangat luas. Pulau Greenland memiliki lapisan es terbesar kedua di dunia. Pulau yang memiliki luas lebih dari 2.000.000 km persegi ini menjadi pulau terakbar di dunia berpenduduk sekitar 56 ribu orang.

2. Pulau Papua
Pulau terbesar selanjutnya adalah pulau papua, pulau yang terletak di sebelah timur indonesia ini memiliki luas sekitar 785.750 km persegi. Pulau ini di miliki oleh dua negara yaitu Indonesia dan Papua Nugini. Populasi di pulau ini cukup besar yakni sekitar 7.500.000 orang. Dengan tanah tropisnya yang berukuran 786.000 km. Di pulau ini juga terdapat harta karun amat besar, memiliki keaneragaman hayati yang beragam dan spesies-spesies langka. Dan tak kalah kerennya lagi, pulau ini memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa indahnya.

3. Pulau Kalimantan
Pulau Kalimantan terletak antara pulau sumatra dan pulau sulawesi juga termasuk pulau terbesar ke tiga di dunia. Di dalamnya terdapat hutan tropis terbesar di dunia sekaligus menjadi hutan paru-paru dunia. Pulau ini di miliki oleh tiga negara, yakni Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Luasnya sekitar 748.869 km persegi.

4. Pulau Madagaskar
Kalau kita mendengar madagaskar teringat film animasi madagskar. Tapi kali ini bukan membahas tentang film tapi membahas tentang pulau. Madagascar bersebelahan dengan samudra Hindia di sebelah timur. Pulau ini memiliki luas sekitar 587.713 km persegi.

5. Pulau Baffin
Selain di kenal dengan negara terdingin, Kanada juga di kenal dengan pulau-nya. Pulau terbesar di Kanada adalah pulau Baffin, Baffin adalah pulau paling besar di kanada. Luasnya mencapai 507.451 km persegi. Ukuran tersebut cukup besar untuk populasinya yang hanya sekitar 11.000 penduduk.

6. Pulau Sumatra
Setelah pulau Papua dan Kalimantan, Pulau Sumatra merupakan pulau terbesar ke tiga di Indonesia, sekaligus pulau terbesar ke enam di dunia. pulau ini memiliki luas mencapai 425.000 km persegi. Di pulau Sumatra juga terdapat danau terbesar di asia tenggara yaitu danau Toba.

7. Pulau Honshu
Berikutnya adalah pulau Honshu yang terletak di negara Jepang. Pulau Honshu merupakan pulau terbesar di Jepang sekaligus pulau terbesar ke 4 di benua Asia. Pulau Honshu memiliki luas mencapai 227.414 km persegi.

8. Pulau Britania Raya
Selanjutnya adalah pulau Britania raya yang terletak di negara Inggris. Pulau ini merupakan pulau terluas di benua Eropa, yang memiliki luas wilayah sekitar 219.000 km persegi.

9. Pulau Victoria
Selain pulau Baffin, Kanada juga memiliki pulau besar lainnya yaitu pulau Victoria yang merupakan pulau terbesar ke 9 di dunia dan pulau terbesar kedua di Kanada. Pulau Victoria memiliki luas mencapai 217.291 km persegi.

10. Pulau Ellesmere
Selanjutnya adalah pulau Ellesmere milik negara Kanada. Pulau Ellesmere merupakan pulau terbesar ketiga di Kanada setelah Pulau Baffin dan Pulau Victoria. Memiliki luas mencapai 196.236 km persegi.

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama