-->

Kapolresta Pasuruan Dan Wadanyon Zipur 10 Pantau Pemadaman Api Di Gentong



Pasuruan.tribunus.co.id Kebakaran hebat melalap sebuah gudang penyimpanan Mebel dan sejumlah rumah hunian di Perumahan Pondok Surya Kencana (PSK) Kelurahan Gentong, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan pada Rabu (4/12/2019) sekitar pukul 15.00 wib sore.

Sumber api berasal dari sebuah gudang UD.Mebel Indah yang terletak disebelah belakang atau utara Perum pondok surya kencana(PSK) III Blok D. Dalam kebakaran tersebut, sejumlah mobil pemadam kebakaran baik dari Kota maupun Kabupaten Pasuruan turut dikerahkan untuk menjinakkan sijago merah.

"Nggak tau apa penyebabnya, tiba tiba muncul asap hitam dan api besar dari sebelah dan dengan kondisi itu jelas kita panik. Dan ini sudah terjadi sudah yang ke 4 kali dan ini paling besar dari kejadian sebelumnya.

Mengingat didalam gudang tersebut banyak bahan bahan yang mudah terbakar seperti, cairan thiner, cat, busa dan bahan untuk mebel". Ungkap Rusman warga Perum PSK, yang rumah bagian dapur ikut terbakar.

Api sulit dipadamkan, mengingat selain karena faktor angin kencang juga bahan material mebel yang mudah terbakar berupa bahan kimia cair seperti, thiner, lem, cat, busa dan lainnya.

Namun hingga kurang lebih 3 jam lebih proses pembasahan dan pemadaman, si jago merah pun sudah mulai bisa dikendalikan dan dipadamkan.

Termasuk berkat bantuan para petugas, baik dari PMK, unsur TNI sebanyak 30 personil dari Kostrad Yonzipur 10 yang dipimpin Wakil DanYon Czi Uda Ananduha, anggota Polresta Pasuruan yang dipimpin Kapolresta AKBP Dony Alexander, Satpol PP dan dibantu warga setempat turut membantu memadamkan api.

Beruntung api bisa dikendalikan, sehingga kobaran api tidak menjalar lebih luas lagi meskipun hanya sekitar 6 hunian ikut terbakar yang rata rata hanya terbakar pada bagian dapur belakang. Dari sejumlah deretan rumah hunian Perum PSK lll yang ikut terbakar pada bagian dapur diantaranya pada Blok D 12 sampai D 16.




Kapolres Pasuruan Kota AKBP Dony Alexander SIK.MH belum bisa menyimpulkan penyebab kebakaran gudang, karena masih fokus pada pencegahan api dan keselamatan warga setempat.

"Jadi untuk kebakaran ini kalau masalah sebab musababnya masih dalam proses penyelidikan. Namun disini kami fokuskan untuk memadamkan dulu, dan disini ada unsur dari TNI dan juga Polri kita bersinergi beserta masyarakat bersama sama memadamkan kebakaran ini. Agar tidak meluas ke permukiman lain". Tukas Kapolres Pasuruan Kota.

Hendra/Gale

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama