Segenap Komponen Bangsa Diharap Aktif dalam Pembangunan Ketahanan Negara - TRIBUNUS.CO.ID

Segenap Komponen Bangsa Diharap Aktif dalam Pembangunan Ketahanan Negara




Lumajang, www.tribunus.co.id – Kepala Staf Kodim 0821 Lumajang Mayor Inf Rinanto mengatakan, bahwa segenap komponen bangsa diharapkan untuk berperan aktif dalam membangun ketahanan Indonesia, demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Tidak hanya militer yang berperan membangun ketahanan Negara, tetapi peran atif seluruh komponen bangsa juga sangat diperlukan demi terwujudnya keutuhan NKRI,” katanya usai menghadiri pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-71, bertempat di Alun-alun Lumajang, Jawa Timur, Kamis (19/12/2019).

Rinanto juga mengatakan, pembangunan yang adil dan merata di segala bidang dalam mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang unggul, merupakan modal utama dalam pelaksanaan Bela Negara yang didasari oleh Pancasila.

“Bela negara bukan hanya menjadi alat dalam menghadapi ancaman yang bersifat potensial maupun aktual, tetapi sebagai alat pencapai tujuan nasional bangsa yang memerlukan kerja keras dan senergisitas komponen bangsa secara terus menerus,” ujarnya.

Selain itu, dikatakan Rinanto, bahwa nilai-nilai pelaksanaan Bela Negara meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, kesetiaan dan keyakinan terhadap Pancasila, kerelaan berkorban untuk bangsa dan negara, serta semangat untuk berperan aktif dalam mewujudkan begara yang berdaulat, adil dan makmur.

Ia menambahkan, bahwa untuk mewujudkan  hal tersebut, penanaman nilai-nilai dasar Bela Negara harus terus dilakukan kepada segenap komponen masyarakat sebagai warga negara.



“Siapapun dan apapun profesinya, mari bersama kita tumbuhkembangkan rasa Bela Negara dalam diri kita masing-masing, agar tujuan dan cita-cita kemerdekaan mewujudkan keutuhan NKRI menuju manusia Indonesia yang unggul berdasarkan Pancasila dapat tercapai,” pungkasnya. (Pendim 0821/Phie)
Loading...
Segenap Komponen Bangsa Diharap Aktif dalam Pembangunan Ketahanan Negara Segenap Komponen Bangsa Diharap Aktif dalam Pembangunan Ketahanan Negara Reviewed by Tag on Kamis, Desember 19, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar