-->

Meminimalisir Bencana Alam, Masyarakat Diharapkan Ikut Melestarikan Hutan Lindung



Lumajang, Jatim – Untuk meminimalisir terjadinya bencana alam saat musim penghujan, masyarakat diharapkan ikut menjaga dan melestarikan hutan lindung, dengan melaksanakan penghijauan dan penanaman bibit pohon.

Hal tersebut disampaikan oleh Danramil 0821/05 Klakah Kapten Inf Sujono dalam kegiatan Penghijauan bersama jajaran Forkopimcam Klakah dan masyarakat, di kawasan wilayah hutan lindung perkebunan Ranu Lading Desa Sumberwingin Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (22/1/2020).

Sujono juga menyampaikan, bahwa penghijauan dengan penanaman jenis bibit pohon duren, alpukat, petai, sirsat dan salam sekitar 1.000 bibit pohon tersebut, dilakukan bersama masyarakat  di lahan wilayah hutan lindung perkebunan Ranul Ading seluas dua hektar dengan cara bertahap.

Oleh karena itu, nantinya masyarakat diharapkan bisa ikut memperhatikan dan terus merawat, sehingga bibit pohon yang ditanam bisa hidup besar dan hasilnya bisa bermanfaat bagi warga desa Sumberwingin dan sekitarnya.

“Semua komponen wajib menjaga dan melestarikan hutan lindung agar tetap hijau. Selain itu, juga untuk meminimalisir terjadinya bencana alam, seperti tanah longsor dan banjir saat musim penghujan,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Administratur (Waka ADM) Kabupaten Lumajang Yus Yaser Arafat mengatakan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi terhadap kegiatan penghijauan tersebut, serta akan mengajak masyarakat untuk selalu merawatnya.

“Kami menyambut baik kegiatan pengijauan ini dan akan mengajak masyarakat agar merawatnya serta untuk peduli terhadap lingkungan, karena tanaman tersebut dianggap cocok di lahan pegunungan,” pungkasnya. (Pendim 0821/Fj)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama