-->

Petani Lumajang Galakkan Sistem Tanam Tumpang Sari




Lumajang, Jatim – Danramil 0821/16 Rowokangkung Kapten Czi Heri Cahyono mengatakan, bahwa untuk mendukung peningkatan produksi hasil pertanian, petani diminta menggalakkan sistem tanam tumpang sari di lahan sawah.

“Dengan menggalakkan sistem tumpang sari di lahan sawah, maka nantinya dapat mendukung peningkatan hasil panen, sehingga dapat menunjang tercapainya tujuan program Ketahanan Pangan Nasional,” katanya dalam kegiatan Penanaman Benih Komoditas Kedelai secara simbolis di pematang sawah Kelompok Tani (Poktan) Sahabat Tani, di Dusun Selok Ondung Desa Sumbersari Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (28/1/2020).

Heri juga mengatakan, bahwa sebagai anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), selain melaksanakan tugas kemiliteran, pihaknya juga bertugas mendampingi dan membantu petani dalam upaya meningkatkan hasil panen di wilayah.

“Dengan menanam kedelai di sepanjang pematang sawah, diharapkan hasilnya dapat menambah pendapatan petani, sehingga tujuan program Ketahanan Pangan Nasional dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai, khususnya di wilayah Kecamatan Rowokangkung,” ujarnya.

Semetara itu, Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Rowokangkung Sudarono menyampaikan, bahwa benih komoditas kedelai yang ditanam tersebut, berasal dari pemerintah yang diperuntukkan kepada petani yang ada di wilayah.

Ia juga menyampaikan, Kecamatan Rowokangkung mendapat bantuan benih kedelai sebanyak 3,15 ton yang diperuntukkan bagi 70 hektare lahan sawah petani.

‘Semoga dengan bantuan tersebut, pendapatan petani dapat bertambah, sehingga dapat menunjang peningkatan kesejahteraan petani di wilayah Kecamatan Rowokangkung,” harapnya.

Kegiatan penanaman benih kedelai secara simbolis tersebut juga dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang, Forkopimcam Rowokangkung, dan Ketua Poktan se-Kecamatan Rowokangkung. (Pendim 0821/Phie)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama