Di Batas Negara, Melatih Membuat Keripik Tomat Warga Lahurus - TRIBUNUS.CO.ID

Di Batas Negara, Melatih Membuat Keripik Tomat Warga Lahurus




Belu, NTT  - Personel Pos Mahen Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ bersama Credit Union (CU) Kasih Sejahtera Kantor Pelayanan (KP) Kabupaten Belu melaksanakan peran aktif dalam meningkatkan perekonomian Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui pelatihan pembuatan keripik tomat kepada Desa Fatulotu, Kecamatan Lasiolat, Kabupaten Belu.

Mendukung program Bina Usaha Sejahtera dalam pelatihan pembuatan keripik tomat lahurus bersama Credit Union (CU) merupakan salah satu wujud tugas Binter Satnonkowil yang dilaksanakan di daerah penugasan guna meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah perbatasan Indonesia - Timor Leste.

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos., M.M., mengungkapkan bahwa kegiatan ini dipimpin langsung oleh Serka Andrie Gunawan selaku Danpos Mahen bersama 5 orang personelnya serta Tim dari Credit Union (CU) Kantor Pelayanan Kabupaten Belu.

"Kegiatan ini bertujuan untuk membantu warga khususnya kaum ibu di wilayah perbatasan Indonesia - Timor Leste agar dapat mengolah bahan hasil kebun berupa tomat lahurus menjadi makanan khas daerah Desa Fatulotu," jelas Dansatgas.

Terselenggaranya kegiatan pelatihan bersama Credit Union (CU) Kasih Sejahtera dan kaum Ibu dalam pembuatan kripik tomat lahurus tersebut karena tingginya minat dan keinginan mereka dalam merubah kondisi perekonomian saat ini.

"Kami berharap dengan terselenggaranya kegiatan pelatihan ini, kiranya dapat menambah wawasan pengetahuan saudara-saudara kita tentang manfaat hasil perkebunan agar dapat dibuat menjadi makanan ringan yang memiliki nilai jual sehingga dapat didistribusikan guna meningkatkan perekonomian warga," imbuhnya.

Tidak hanya melaksanakan pelatihan pembuatan keripik tomat lahurus, personel Pos Mahen bersama Tim Credit Union (CU) juga memberikan pengetahuan tentang hasil perkebunan apa saja yang dapat diolah oleh warga Dusun Lahurus Desa Fatulotu Kecamatan Lasiolat sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sementara itu, Bapak Mus Naihati (38) selaku Pimpinan Credit Union (CU) Lasiolat Kabupaten Belu mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang telah terjalin bersama personel Pos Mahen sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan dengan aman dan lancar.

"Terima kasih banyak kami ucapkan kepada bapak-bapak TNI dari Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ khususnya Pos Mahen yang telah peduli dan bersedia memberikan pelatihan kepada kami tentang pengolahan tomat lahurus hingga menjadi makanan ringan dalam bentuk keripik," ucapnya.

Warga juga berharap agar makanan ringan olahan yang dibuat ini nantinya akan dapat kita pasarkan dan menjadi buah tangan khas dari lahurus. (Satgas Yonif R 142/KJ)
Loading...
Di Batas Negara, Melatih Membuat Keripik Tomat Warga Lahurus Di Batas Negara, Melatih Membuat Keripik Tomat Warga Lahurus Reviewed by LBI on Jumat, Februari 07, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar