Polda Jatim Terjunkan Personil Evakuasi Korban Banjir di Bondowoso - TRIBUNUS.CO.ID

Polda Jatim Terjunkan Personil Evakuasi Korban Banjir di Bondowoso




Surabaya, Jatim, tribunus.co.id - Banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Sempol Kabupaten Bondowoso beberapa waktu lalu masih menyisakan material banjir berupa lumpur dan potongan - potongan kayu.

Diduga potongan kayu tersebut terbawa arus air bercampur lumpur dari lereng Gunung Ijen yang sebelumnya terjadi kebakaran hutan.

Kecamatan Sempol yang terletak di lereng barat Gunung yang terkenal penghasil Belerang di kawahnya tersebut menjadi sasaran aliran air akibat hujan deras di wilayah Kabupaten Banyuwangi Utara.

Gunung Ijen yang juga terkenal dengan indahnya kawah saat menjelang fajar ( Blue Fire ) ini merupakan gunung yang membatasi wilayah Kabupaten Banyuwangi dengan Kabupaten Bondowoso.

"Letaknya Kecamatan Sempol ada di lereng barat jadi masuk Kabupaten Bondowoso,"kata Mistari (52) salah seorang warga.

Pada saat kejadian banjir,menurut Mistari warga tidak mengira terjadi banjir,karena tidak ada hujan deras di desanya.

"Yang hujan sebelah sana," ungkap Mistari sambil menunjuk arah gunung ijen.

Sementara itu,Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan bahwa pihak Polda Jatim sudah mengirim personil dari Direktorat Samapta Bhayangkara ( Dit Sabhara) untuk diperbantukan mengevakuasi korban banjir di Bondowoso yang terjenal dengan sebutan Kota Tape ini.

"Kami sudah kirim personil dari Dit Sabhara untuk bergabung dengan personil Polres Bondowoso dan Polres Jember untuk membantu evakuasi di sana," terang Kombes Pol Wisnu,Sabtu (1/2/20).

Pantauan media ini, personil TNI - Polri yang bergabung bersama Basarnas,Tagana dan masyarakat serta Dinas Sosial Kab.Bondowoso nampak membersihkan material banjir di rumah - rumah warga dan sepanjang jalan desa.

Kegiatan dimulai pukul 07.45 Wib tersebut terpaksa berhenti pada pukul 14.00 Wib karena hujan deras.

" Kegiatan tetap akan dilanjutkan besok hingga selesai," pungkas Kombes Pol Wisnu. (Dw-1)
Loading...
Polda Jatim Terjunkan Personil Evakuasi Korban Banjir di Bondowoso Polda Jatim Terjunkan Personil Evakuasi Korban Banjir di Bondowoso Reviewed by admin dua on Sabtu, Februari 01, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar