-->

Ini Upaya Kadiv Humas Wujudkan Humas sebagai Fungsi Idola di Polri




Jakarta, tribunus.co.id - Kadiv Humas Polri, Irjen Mohammad Iqbal memiliki visi besar membangun Humas Polri. Dia ingin polisi-polisi cerdas dan profesional diasah menjadi juru bicara yang handal.

"Ke depannya saya ingin Humas itu dilirik oleh polisi-polisi yang charming, cerdas, mereka nantinya yang menjadi spokeperson Polri, memiliki manajemen isu, menyampaikan hal-hal yang sifatnya positif untuk masyarakat," kata Iqbal saat bertandang ke redaksi detikcom, Senin (2/3/2020).

Jenderal bintang dua yang kini menjabat sebagai Kadiv Humas Polri ini mengatakan dirinya sudah menggodok matang perintah Kapolri Jenderal Idham Azis untuk meningkatkan Divisi Humas Polri menjadi Badan Humas Polri. Ke depannya, terang Iqbal, perwira menengah Humas Polri berpangkat ajun komisaris besar polisi (AKBP) diberi ruang untuk mengasah keahlian bertutur kata di hadapan awak media.

"Jadi kasubbid penmas (kepala sub bidang penerangan masyarakat) itu nanti kami dorong jadi spokeperson, untuk menyampaikan informasi sekelas jambret, copet. Jangan hanya mencatat-catat saja. Kabid Humas muncul saat isu-isu tertentu," ujar Iqbal.

Peningkatan fungsi para perwira menengah itu, dikatakan Iqbal, diperlukan untuk mencetak pemimpin-pemimpin Humas Polri di masa mendatang. Iqbal meyakini kehadiran Humas Polri yang semakin profesional, humanis dan interaktif bermanfaat untuk keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Sebagai rewardnya, personel Humas Polri yang berprestasi kami berikan reward. Misalnya kasubbid, pangkatnya AKBP, performanya bagus, bisa langsung dipromosikan untuk mengisi pangkat kombes," jelas dia.

Iqbal kemudian menuturkan seluruh perwira menengah yang menjabat Kabid Humas di tingkat Polda perlu menjalin hubungan baik dengan media agar tujuan kamtibmas bisa tercapai. Menurut dia, jika memainkan fungsi kehumasan dengan baik, akan lahir pimpinan yang berwawasan dan memiliki jaringan luas.

"Saya ingin bhw fungsi Humas menjadi fungsi idola di Polri. Saya nanti akan menyampaikan hal itu saat vicon (video conference) dengan para Kabid Humas," ucap Iqbal.

"Rencananya setiap seminggu atau dua minggu sekali saya akan melakukan vicon dengan jajaran untuk mendorong peningkatan kinerja," sambung dia.  ***

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama