Giat Pembentukan Desa Tangguh Bencana Desa Prodo Kabupaten Pasuruan - TRIBUNUS.CO.ID

Giat Pembentukan Desa Tangguh Bencana Desa Prodo Kabupaten Pasuruan



Pasuruan - Pembentukan desa tangguh bencana Desa Prodo Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan, saat kesiap siagaan bencana pada Kamis ( 6/8/2020 ) dilaksanakan di Balai Desa Prodo Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan.

Acara pembentukan desa tangguh bencana tersebut dihadiri oleh Forkopimcam Kecamatan Winongan, Camat, Kapolsek, Danramil, Rombongan BPBD Kabupaten Pasuruan serta Fasilitator dari berbagai Universitas salah satunya adalah Dosen Universitas Merdeka Madiun.

Desa Prodo Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan sengaja ditunjuk untuk mewakili lomba tingkat Jawa Timur dalam hal menangani bencana khususnya bencana banjir yang sering terjadi di Desa Prodo.

Dalam pembentukan desa tangguh bencana ini di ikuti oleh 30 relawan yang akan di gembleng selama seminggu mulai hari Kamis ( 6/8/2020 ) sampai Rabu ( 12/8/2020 ), ke 30 relawan ini dilatih dan dididik agar mengerti bagaimana caranya menangani sebelum datangnya bencana maupun saat ada bencana.

" Pembentukan destana ini merupakan upaya pengurangan resiko bencana berbasis komunitas yang akan dilaksanakan melalui pengembangan Desa Tangguh Bencana ( Destana ) serta BPBD akan memberikan  bimbingan dan belajar dalam menghadapi bencana kepada masyarakat desa." Jelas Indar Siswoyo, S. Pdi. Fasilatator Nasional.

" Sebab pembentukan desa tangguh bencana ini sangat penting untuk mitigasi bencana termasuk mengurangi korban jiwa juga berdampak pada ekonomi, infrastruktur dan psikologi / sosial dan bencana ini merupakan tanggung jawab trisula ( Pemerintah, Masyarakat dan Dunia usaha ) yang artinya merupakan tanggung jawab bersama," Tambah Indar Siswoyo. ( KR ).
Loading...
Giat Pembentukan Desa Tangguh Bencana Desa Prodo Kabupaten Pasuruan Giat Pembentukan Desa Tangguh Bencana Desa Prodo Kabupaten Pasuruan Reviewed by Bengkel on Minggu, Agustus 09, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar