-->

Sinergitas Polda Kalsel Bersama TNI AU Peduli Masyarakat



Untuk membangun soliditas dan sinergitas yang kokoh antara TNI-Polri serta kepedulian terhadap masyarakat, Lanud Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan Bhakti Sosial dalam rangka Peringatan Ke - 73 Hari Bhakti TNI Angkatan Udara Tahun 2020 bertempat di Lapangan Volly Ball Lanud Syamsudin Noor, Selasa (4/8/2020) pukul 06.30 Wita.

Acara yang mengusung tema “TNI AU Peduli Rakyat Banua” ini dihadiri oleh Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor, Ketua DPRD Provinsi Kalsel, DR(HC). H.Supian HK, S.H., M.H., Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H., Danrem 101/Antasari, Danlanud Syamsuddin Noor, Danlanal Banjarmasin, Kepala BNNP Kalsel, Kabinda Kalsel, Irwasda Polda Kalsel, Karo Ops Polda Kalsel dan Direktur Lantas Polda Kalsel.

Bhakti Sosial ini disemarakan juga dengan kegiatan Gowes Bersama unsur Forkopimda Kalsel, dilanjutkan Penyerahan bantuan berupa 67 buah kursi roda kepada anak disabilitas dan 100 paket sembako guna meringankan beban dimasa Pandemi Covidd-19 saat ini.

Sebanyak 10 orang perwakilan dari 67 penerima kursi roda dan sembako menerima langsung bantuan yang diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Kalsel, Kapolda Kalsel, Danrem 101/Antasari serta Danlanud Syamsuddin Noor.

Selain itu dalam kesempatan ini juga dilakukan penyerahan alat pelindung diri (APD) kepada 5 Puskesmas dan juga 5 Klinik di wilayah Landasan Ulin, Kota Banjarbaru.

Danlanud Syamsuddin Noor Kolonel Pnb M. Taufiq Arasj, S.Sos, dalam arahannya menyampaikan bahwa tanggal 29 Juli 1947 menjadi titik awal upaya kemanusiaan yang terus dilaksanakan dan dilakukan TNI AU hingga generasi saat ini dengan bentuk kegiatan Hari Bakti TNI Angkatan Udara menyesuaikan situasi dan kondisi yang ada.

Dalam pelaksanaan Bhakti Sosial juga dirangkaikan dengan kegiatan lainnya seperti Operasi katarak, bibir sumbing serta pemberian kaki palsu gratis. “Hingga hari kemarin sudah terdaftar 350 masyarakat dari seluruh Kalimantan Selatan, serta pemeriksaan gigi gratis untuk seluruh Kecamatan Landasan Ulin bagian anak-anak SD namun dengan adanya wabah Covid-19 pada pagi hari ini hanya dapat dilaksanakan pembagian sembako dan pembagian kursi roda,” tutur Danlanud Syamsuddin Noor.

Selain itu Lanud Syamsuddin Noor juga telah melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya bekerja sama dengan Yayasan Media Group dengan menyalurkan bantuan APD lengkap sampai dengan sepatu boot serta hand sanitizer sejumlah ribuan dan ratusan liter yang diserahkan kepada 10 rumah sakit se-Kalimantan Selatan, rumah sakit Provinsi, Kota dan Kabupaten, rumah sakit TNI dan Polri yang merupakan rumah sakit rujukan Covid-19, kemudian juga kepada Puskesmas dan Klinik yang merupakan ujung tombak dalam pemetaan ataupun pencarian pasien-pasien yang terdampak Covid-19 serta juga menyalurkan bantuan kepada salah satu Kampung Tangguh di Kabupaten Tanah Laut (Tala).

Sementara itu Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengucapkan selamat memperingati Hari Bakti TNI Angkatan Udara yang ke-73 tahun 2020 kepada seluruh keluarga besar TNI Angkatan Udara khususnya keluarga besar pangkalan TNI AU Syamsuddin Noor semoga momen hari yang bersejarah bagi TNI Angkatan Udara dapat memperkuat TNI dalam menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat khususnya dalam menggunakan modal modal transportasi udara.

“Saya sangat senang melihat semangat dan keceriaan para hadirin di pagi hari ini untuk hidup bersama untuk hidup secara sehat dengan membiasakan diri untuk berolahraga secara rutin seperti bersepeda santai yang telah kita laksanakan pagi tadi,” tutur Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel.

Paman Birin pun mengingatkan bahwa hidup bersih dan sehat serta bahagia adalah salah satu kunci utama dalam menghadapi Pandemi Covid-19 sebab hal tersebut dapat meningkatkan imun tubuh guna mencegah penularan Virus Covid-19 maupun penyakit lainnya.

“Dalam kesempatan yang baik ini pula, Kami mengajak untuk bersama-sama melawan Covid-19 dengan disiplin dan menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas serta mensosialisasikan dan mengajak masyarakat lain, selain itu tetap waspada dengan kebakaran hutan dan lahan di daerah khususnya sekitaran lokasi bandara yang merupakan area prioritas penanganan kebakaran hutan dan lahan,” tutup Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor.

Pada kesempatan yang sama Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. yang turut hadir menyemarakan kegiatan tersebut beserta Irwasda, Karo Ops dan Direktur Lantas Polda Kalsel menyampaikan ucapan selamat Hari Bhakti TNI AU ke-73 tahun 2020. Ucapan selamat sebagai bentuk sinergitas TNI dan Polri, khususnya TNI AU.

Hal ini menurut Kapolda Kalsel menunjukkan sinergitas antara Polri dan TNI, mulai dari hulu hingga hilir,  yang tetap solid menjaga keamanan NKRI.

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama