Ratusan Prajurit Kodim 0718/Pati Ikuti Tes Fisik di Yonif 410/Alugoro - TRIBUNUS.CO.ID

Ratusan Prajurit Kodim 0718/Pati Ikuti Tes Fisik di Yonif 410/Alugoro


Untuk mengetahui kemampuan fisik Prajurit di jajaran Kodim 0718/Pati, hari ini dilaksanakan kegiatan tes Kesamaptaan jasmani periode II Tahun anggaran 2020 yang diikuti oleh seluruh prajurit.

Tes kesamaptaan jasmani merupakan salah satu sarana untuk mengetahui tingkat kebugaran serta kemampuan fisik yang dimiliki masing-masing prajurit TNI-AD. Tes kesamaptaan yang diselenggarakan setiap enam bulan sekali ini merupakan sebagai parameter yang dapat digunakan sebagai ukuran sukses tidaknya pembinaan fisik para prajurit selama periode tertentu.

Seperti yang dilaksanakan oleh jajaran Kodim 0718/Pati hari ini, ratusan prajurit mengikuti kegiatan kesamaptaan jasmani yang dipusatkan di asrama Kompi senapan C Yonif 410/Alugoro Pati dengan pengawasan ketat dari penyelenggara dan tim kesehatan lapangan DKT Pati/Rumah Sakit Marga Husada Pati.Senin,(16/11/2020).

Diawali dari pemeriksaan kesehatan serta apel pengecekan adalah untuk mengantisipasi kemungkinan yang dapat terjadi selama pelaksanaan kegiatan. Tim Inspeksi dari Korem 073/Makutarama sebanyak 4 orang yang dipimpin langsung oleh Pasi Pers Korem 073/Mkt Mayor Caj Miftah saat memberikan pengarahan kepada pelaku kegiatan menyampaikan bahwa setiap kegiatan yang utama adalah faktor keamanan personel.

“Saya yakin rekan-rekan prajurit sudah paham karena kegiatan kesamaptaan ini sudah sering kita laksanakan. Ini merupakan periode kedua pada tahun 2020, namun saya minta tetap waspada dan berhati-hati jaga faktor keselamatan setiap personel, laksanakan kegiatan ini se enjoy mungkin,”Kata Miftah.

Sementara itu Perwira seksi Operasi Kodim 0718/Pati Kapten Inf Munawar selaku Koordinator kegiatan menambahkan bahwa kesamaptaan pada periode kedua tahun 2020 ini hanya dilaksanakan kesamaptaan A dan B saja.

“Karena masih dalam situasi pandemi, kegiatan kesamaptaan hanya dilaksanakan kesamaptaan A lari selama 12 menit dan kesamaptaan B terdiri dari Pull Up, Sit Up, Push Up, Lunges dan sutlerun sedangkan renang dasar tidak dilaksanakan. Untuk tehnis pelaksanaannya dibagi menjadi dua gelombang yaitu dimulai hari ini senin (16/11) dan selasa (17/11),”Ujar Munawar.

Pasi ops juga menambahkan bahwa kegiatan kesamaptaan ini wajib hukumnya bagi para prajurit untuk mendukung tugas pokok serta sebagai persyaratan kenaikan pangkat dan untuk kelengkapan administrasi apabila nanti sewaktu-waktu dibutuhkan.

“Nilai kesamaptaan ini penting karena sebagai kelengkapan administrasi para prajurit seperti kenaikan pangkat dan keperluan peningkatan karier  bagi prajurit,”Terangnya.(Snpt/Pendim)
Loading...
Ratusan Prajurit Kodim 0718/Pati Ikuti Tes Fisik di Yonif 410/Alugoro Ratusan Prajurit Kodim 0718/Pati Ikuti Tes Fisik di Yonif 410/Alugoro Reviewed by tribunusantara on Senin, November 16, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar