-->

Rusia Tak Ijinkan Media Di Negaranya Terbitkan Kartun Nabi Muhammad

 

Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto/REUTERS/File Photo

Kremlin menegaskan tidak akan mengizinkan media di Rusia menerbitkan kartun onfensif tentang Islam maupun Nabi Muhammad. Negara yang dipimpin Presiden Vladimir Putin ini tidak memiliki kebijakan seperti Prancis yang mendukung penerbitan semacam itu oleh majalah satire Charlie Hebdo.

Sikap Rusia itu disampaikan juru bicara Kremlin Dmitry Peskov. "Keberadaan media semacam itu di negara kita sama sekali tidak mungkin, termasuk dari segi peraturan perundang-undangan saat ini," kata Peskov.

"Rusia sebagian adalah negara Muslim, ada hampir 20 juta Muslim di Rusia. Di sini, tentu saja, agama fundamentalnya adalah Kristen—kebanyakan dari semua kita memiliki orang Kristen yang tinggal di sini—keunikan negara kita justru pada multi-etnis dan multi-religiusnya dan semua (penganut) agama hidup dengan penuh hormat satu sama lain," imbuh juru bicara Putin tersebut, seperti dikutip dari Daily Sabah, Jumat (30/10/2020)

Pernyataannya muncul setelah skandal yang diprovokasi oleh Charlie Hebdo, yang menerbitkan karikatur ofensif Nabi Muhammad, melukai perasaan miliaran Muslim di dunia. 

Publikasi kartun tersebut telah memicu gelombang kemarahan dan protes di seluruh dunia Muslim serta kampanye untuk memboikot produk-produk Prancis.

Kartun yang diterbitkan Charlie Hebdo telah memicu serangan mematikan di Prancis. Kartun yang menghina Nabi Muhammad SAW itu dipertontonkan guru sejarah Prancis, Samuel Paty, 47, kepada murid-muridnya dalam diskusi kebebasan berekspresi dan berbicara di kelas. Guru itu dipenggal pengungsi Chechnya berusia 18 tahun di pinggiran Paris pada 16 Oktober saat korban dalam perjalanan pulang dari sekolah tempatnya mengajar.  (jo)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama