-->

Dukung Ekonomi lokal, Terminal Kaliakah Rencana Disulap Jadi Ruang Kuliner

 


Jembrana - Bupati Jembrana I Nengah Tamba menyambut positif langkah pengusaha muda Jembrana yang membentuk wadah untuk mengembangkan ekonomi lokal. Organisasi pengusaha ini diharapkan berkontribusi untuk menumbuhkan semangat pengusaha muda di Jembrana. 


Hal itu disampaikan Bupati Tamba saat bertemu  Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Jembrana, JCI, Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), dan PKK Desa Kaliakah di Terminal Kaliakah, Sabtu (13/11) kemarin.   


Dalam pertemuan yang tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19, 

Bupati Tamba menuturkan  keberadaan pengusaha muda dipastikan akan menyerap tenaga kerja lokal . Selain itu diharapkan memberikan dampak positif untuk pembangunan Jembrana.


Karena itu, Bupati berencana memberikan wadah atau ruang bagi UMKM lokal serta pengusaha muda Jembrana berkreasi. Secara khsusus ,Ia melihat keberadaan Terminal Kaliakah Negara masih belum optimal. Karena itu, Bupati Tamba berencana memberikan nilai tambah di Terminal Kaliakah untuk dimanfaatkan wirausaha muda  lokal sebagai pojok atau sentra kuliner. Ruang kuliner itu nantinya beroperasi dari sore hingga malam hari. Sementara ,pagi harinya tetap berfungsi sebagai terminal penumpang.


"HIPMI bisa bersinergi dengan Pemkab tentang beberapa program yang sedang berjalan. Silakan dimanfaatkan aset ini untuk ruang kuliner dimalam hari. Jadi ini juga tempat untuk mengasah kemampuan usaha pengusaha lokal muda Jembrana

,” ungkap Bupati.


Dalam kesempatan itu, Bupati mengatakan bahwa Terminal Kaliakah saat ini secara fungsi belum efektif . Sebagai terminal , keberadaan asetnya dinilai bupati masih menganggur.


Namun potensi itu harus dimanfaatkan.  Terutama mendukung masyarakat di wilayah kecamatan negara diwilayah barat .


”Jadi Kecamatan Negara dan Jembrana ketimur saya rasa untuk ruang kuliner / UMKM dimalam hari sudah sangat ramai dibandingkan sebelumnya tidak ada apa-apanya jadi ini jawabannya ( ruang kuliner di Terminal Kaliakah) , ” ujar Bupati Tamba


Menurut Bupati Tamba tujuannya itu untuk mengembangkan anak-anak muda untuk mengikuti pelatihan usaha, Karena di tahun 2026 nanti, itu adalah tahun emasnya Kabupaten Jembrana. 


“Tol akan dibuka, Investasi akan berdatangan masuk kesini. Masyarakat Jembrana jangan hanya bengong jadi penonton terutamanya generasi/ anak-anak muda ini kita sediakan tempat latihan untuk mengasah tantangannya disini, meraka harus berani berbuat untuk persiapan diri begitu tahun 2026 dia sudah menjadi pemain/pelaku dan tidak jadi penonton,” tegasnya.


Selain itu, Tamba juga mengungkapkan bahwa untuk menarik minat para pembeli untuk datang ke terminal ia akan menyediakan berbagai ruang seperti untuk anak muda (ruang diskusi) serta ruang untuk adu kreatifitas.

“Dan diruang terminalpun akan kita buatkan festival, mungkin festival baca puisi, festival lomba pakaian (busana adat), festival Fashion show, serta bilamana ada rapat sore akan kita bawa kesini (terminal),” terangnya. 


Tamba sangat berharap kedepannya Kabupaten Jembrana harus bisa lebih maju. 

“Tentunya, apa yang kita persiapkan hari ini sebagai pelatihan , tetapi pelatihan yang dilakukan itu sudah terjun dan praktek sendiri mempersiapkan diri untuk menjadi pengusaha-pengusaha yang baru yang kita persiapkan sampai menunggu tahun 2026 kedepan,”harapnya.


Sementara itu, selaku Pembina di HIPMI Kabupaten Jembrana, dalam pertemuan itu I Kade Joni mengatakan bahwasanya ia sangat mendukung ide dan gagasan dari Bupati Jembrana.


”Disini sudah dibangun terminal yang begitu megah dibandingkan dengan terminal tempat lainnya tidak ada semegah terminal disini (terminal kaliakah). Jadi memang terminal ini bisa dijadikan berbagai macam mamfaat. Satu sisi terminal ini yang telah dibuat megah itu bisa berfungsi lebih baik, dan kemudian bisa untuk membuka lapangan kerja,” jelasnya.


Menurut Joni, HIPMI tidak bisa 100% bisa melakukan ide-ide yang seperti dimiliki Bupati Jembrana.


“Paling tidak kami hanya bisa membuat mereka ide yang jualan tentunya. ini sangat Positif, Ide-ide gila tapi tujuannya sangat positif dan manfaatnya sangat luas dan semua pihak akan diuntungkan, dan kita akan membuka peluang kepada anak-anak muda Jembrana tentunya ini akan mengangkat perekonomian Jembrana semakin baik dan meningkat,” pungkasnya. 



(Agus /Hms)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama