-->

Kapolsek Blahbatuh Plotting Personel Amankan Hari Galungan

 


BLAHBATUH - Hari Raya Galungan tahun ini jatuh pada Rabu (10/11/2021), merupakan momen di mana umat Hindu memperingati terciptanya alam semesta jagad raya beserta seluruh isinya.Perayaan Galungan dimaksudkan agar seluruh umat Hindu mampu membedakan dorongan hidup antara adharma dan budhi atma (dharma:kebenaran) di dalam diri manusia.


Dalam perayaan Galungan ini, masyarakat Hindu akan melakukan berbagai aktivitas yang spesial dan dilakukan secara khusus. Dimulai dengan persembahyangan di rumah masing-masing, kemudian ke pura keluarga lebih besar seperti Pemerajan Agung, Dadia, Pura Ibu, Panti, Pura Banjar dan ke Kahyangan Tiga atau Pelinggih-pelinggih di tempat usaha.


Dalam pengamanan aktifitas tersebut, Bhabinkamtibmas Blahbatuh Aiptu I Ketut Jaman berkolaborasi dengan Pecalang Adat setempat untuk melakukan pengamanan serta pelayanan penyeberangan jalan.Aiptu Jaman mengatakan bahwa selain pengamanan, dirinya juga tetap menghimbau kepada masyarakat untuk tetap Disiplin menerapkan Prokes.


Kapolsek Blahbatuh AKP Yoga Widyatmoko,S.I.K membenarkan pengamanan secara menyeluruh di wilayah hukum Polsek Blahbatuh dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas dan anggotanya."Dalam Mengamankan rangkaian upacara hari Galungan kami telah memplotting personel dimulai dari Penampahan, Galungan dan Manis Galungan, ucapnya.


Kami ingin agar masyarakat dapat melaksanakan ibadah dengan nyaman dan dan aman, terlebih pada masa Pandemi ini ,penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 tidak boleh diabaikan, tambahnya.


Tentunya rangkaian pengamanan dan Pendisiplinan Prokes ini dapat terlaksana dengan baik berkat adanya kerjasama pihak Polri dengan masyarakat."Kolaborasi kami dengan Pecalang sangat baik, Astungkara rangkaian hari raya Galungan dapat berjalan dengan khidmat dan lancar, tutup Kapolsek Yoga.

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama