-->

Kapolres Blitar Kota Tinjau Lokasi Guguran Gunung Semeru


Blitar - Kapolres Blitar Kota AKBP Dr Yudhi Hery Setiawan SIK MSi bersama Kapolres Blitar AKBP Adhitya Panji Anom SIP melaksanakan peninjauan Lokasi Bencana guguran gunung Semeru di wilayah kabupaten Lumajang, Selasa (15/12). 


Kegiatan ini berdasarkan instruksi Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta kepada seluruh Kapolres Jajaran Polda Jatim. 


Para Kapolres harus berpartisipasi dalam upaya penanggulangan dan antisipasi bencana erupsi susulan gunung Semeru. Selain Kapolres Kota Blitar dan Kapolres Blitar hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kasat Sabhara Polres Blitar Kota Iptu Murdianto, Kasat Sabhara Polre Blitar AKP Nanang Budiarto, Kasat Lantas Polres Blitar Kota Tri Nuartiko, Kasat Lantas Polres Blitar AKP I Putu Angga SH SIK, Kepala Bakesbangpol Kota Blitar Toto Rubiyanto. 


Rabu Pagi, kegiatan berawal dengan menuju Posko relawan dan Pengungsi di Desa Penanggal Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Kemudian dilanjutkan bergeser ke balai Desa Penanggal Posko Pengungsi guna memberikan bantuan berupa susu dan melaksanakan kegiatan trauma healing kepada anak-anak yang terdampak bencana. 


“Kami disini dalam rangka menyalurkan bantuan kepada korban erupsi Gunung Semeru dari pemerintah Kota Blitar dan Kabupaten Blitar, dan melaksanakan peninjauan di beberapa tempat semoga bantuan yang kami berikan dapat bermanfaat ," Kata Kapolres Blitar Kota AKBP Dr Yudhi Hery Setiawan 


Selanjutnya kedua Kapolres menuju pos pengamatan Gunung Api Semeru. Yaitu, Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro, Lumajang. 


“Setiap perkembangan kegiatan Gunung Semeru harus segera update. Agar kita dapat melakukan antisipasi lebih dini jika terjadi erupsi susulan dan memberikan edukasi kepada masyarakat,” ujar AKBP Yudhi. 


Selanjutnya, rombongan juga meninjau langsung lokasi terdampak erupsi gunung Semeru di Dusun Curah Kobokan, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Rombongan memberikan bantuan secara simbolis kepada petugas pos Kobokan dan Masyarakat sekitar. 


Kapolres Blitar Kota AKBP Dr Yudhi Hery Setiawan dan Kapolres Blitar AKBP Adhitya Panji Anom menambahkan, bahwa penanganan paska bencana di sini sudah cukup baik. Harapannya semua tetap bersinergi dan penanganan korban erupsi Gunung Semeru berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. 


"Bersama sama kita lihat bahwa penanganan bencana di sini sudah sangat baik itu berkat dukungan dan sinergi semua pihak. Saya bersama Kapolres Blitar disini juga dalam rangka study banding bahwa di wilayah kami ada Gunung Kelud, apabila ada kejadian erupsi atau bencana serupa kita sudah bisa mengantisipasinya dan siap mengimplementasikan penananganannya seperti ini di wilayah kami," ujar Kapolres Blitar Kota 


Tampak Proses pencarian para korban masih terus berlangsung. Personel gabungan TNI-Polri, BPDB, PMI dan tim relawan masih terus berusaha melakukan pencarian. 


“Mari Kita berdoa bersama semoga semua korban dapat segera ketemu dan aktivitas gunung Semeru kembali normal dan masyarakatnya semoga segera Pulih” harap Kapolres Blitar Kota.

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama