-->

Masyarakat Kalirejo Pasuruan Gelar Acara Petik Laut atau Larung Sesaji

 


Pasuruan, tribunus.co.id - masyarakat kisik Kalirejo berpartisipasi dalam acara petik laut atau Larung sesaji yang acara ini sudah menjadi kegiatan rutinitas warga desa kisik Kalirejo disetiap tahunnya Selasa 7/12/2021.


Maksud dan tujuan acara tersebut tidak lain sebagai bentuk rasa syukur kehadirat Allah SWT yang sudah memberikan Rahmat dan nikmat nya dan Rizqi yang sudah melimpah ruah bagi masyarakat Kisik Kalirejo adapun sebagai susunan acara yang digelar diantaranya yaitu.

1. pembacaan sholawat yang di iringi oleh Al-Banjari.

2. sambutan-sambutan yang disampaikan oleh para tokoh masyarakat kalirejo 

3. pelepasan tumpeng /Larung sesaji ke tengah laut.

4. penutupan dengan gelar doa bersama.


Para sesepuh Kalirejo juga mengatakan dalam ungkapan pidato nya kita sebagai umat Islam yang sudah sangat kental akan keimanannya dalam beragama sudah sepantasnya kita banyak ucapkan rasa bersyukur kehadirat Allah SWT.


Dan yang lebih penting lagi sebagai orang Jawa yang sangat kental akan adat Kejawanan nya kita harus tetap berpegang teguh pada prinsip diri kita dan menjaga adat istiadatnya nenek moyang kita dan selalu mengingat pesan'pesan dari mereka kita sebagai dengan ketimuran jangan sampai hilang adat ketimuran nya." ucap nya.


Mengingat tahun ini banyak musibah yang menimpa warga Indonesia yang sudah banyak memakan korban mulai dari bencana banjir dan letusan gunung Semeru yang juga banayak memakan korban jiwa. 


Pada kesempatan kali ini mari kita doakan saudara-saudara kita yang terkena musibah semoga diberi ketabahan dan bagi yang sudah meninggal semoga menjadi ahli syurga amiin Acara tersebut tetap mentaati protokol kesehatan untuk mencegah penularan covid 19.


Soleh Hidayat.

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama