-->

Karya Nutuq Pancawali Krama di Desa Adat jero Kuta Pejeng




Gianyar, TRIBUNUS.CO.ID  - Perayaan Upacara karya Nutuq Pancawali Krama dilaksanakan oleh 4 Banjar di Desa Adat jero Kuta  Pejeng dari tanggal 15 februari 2022   sampai dengan tanggal 26 februari 2022.


Dalam upacara Karya kali ini dilakukan oleh Banjar Puseh, Desa Adat Jero Kuta Pejeng, senin (21-02-2022) pukul 18.30 wita.


Pelaksanaan Upacara Karya di Desa Adat Jero Kuta Pejeng yang dilaksanakan Lima Tahun sekali ini memang sudah di tunggu - tunggu oleh Masyarakat Gianyar, khususnya Desa Pejeng.


Ada yang unik dari upacara hari ini di banjar puseh Desa Adat Jero Kuta Pejeng yaitu GEBOGAN BUAH yang hanya di buat oleh 4 banjar yaitu banjar pande, banjar intaran, banjar guliang, dan banjar puseh, Desa Adat Jero Kuta Pejeng.


Gebogan Buah adalah rangkaian Buah yang disusun menjadi satu dengan suatu bentuk tertentu, yang dalam Upacara Karya saat ini di Banjar Puseh digambarkan sebagai Bhatara Sri Rambut Sedana.


Salah satu warga banjar Puseh, Desa Pejeng Bapak Wayan Tabeh mengatakan bahwa upacara karya ini dengan pembuatan Gebogan Buah tidak terlepas dari Kreatifitas muda mudi banjar puseh.


"saya sangat mengapresiasi kreatifitas muda mudi yang ada di Banjar Puseh, merekalah yang membuat Gebogan Buah di upacara Karya Nutuq Pancawali ini". Ujarnya.(Chandra/Bochari)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama