-->

Dandim 0910/Malinau Sosialisasikan Rekrutmen Komponen Cadangan (KOMCAD)



MALINAU Kalimantan Utara,-

Dalam rangka menjaring minat generasi muda untuk  mengikuti program dari Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia melalui pendaftaran Komponen Cadangan (Komcad), Komandan Kodim 0910/Malinau Letkol Inf Sofwan Nizar S.Sos.,M. Han mensosialisasikan pendaftaran Komponen Cadangan ( Komcad ).


Sosialisasi pendaftaran Komponen Cadangan (Komcad) tersebut berlangsung di sela-sela acara peresmian Kampung Pancasila di Desa Malinau Kota, Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Selasa (29/03/2022).


"Kita sosialisasikan adanya pendaftaran Komcad langsung kepada Bupati Malinau, FKPD, Wakil Ketua DPRD, Kepala Desa, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat agar menyebarluaskan kepada masyarakat ," katanya.


"Komponen ini nantinya akan memperkuat komponen utama pertahanan jika negara berada dalam keadaan bahaya atau darurat, hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) dan UUD 1945 pasal 27 ayat 3 dan pasal 30 ayat 1 tentang upaya bela negara," ungkapnya.


Pendaftaran Komcad secara online melalui Situs resmi Komcad.Kemhan.go.id yang mulai dibuka pada tanggal 01 s/d 08 Mei 2022 atau bisa mendatangi langsung ke Makodim 0910/Malinau, Kemudian peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi dan akademis akan mengikuti latihan dasar militer (LATSARMIL) di Rindam VI/Mulawarman.Tambahnya.


Dandim mengajak seluruh instansi dan masyarakat Malinau untuk turut berperan aktif secara langsung dalam Bela Negara melalui organisasi Komcad dalam menjaga wilayah Malinau yang merupakan Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Negara lain.(Pendim 0910).

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama