-->

TNI, Aparatur dan Masyarakat di Lumajang Gotong Royong Bersihkan Sungai Curah Menjangan


Lumajang, Pendim 0821 - Sebagai upaya memperlancar aliran Sungai Curah Menjangan agar tidak meluap dan menggenangi pemukiman masyarakat, Personel Kodim 0821 Lumajang melaksanakan karya bakti pembersihan sekitar aliran sungai, yang berada di Dusun Krajan II RT 004 RW 007 Desa Kutorenon Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (18/3/2022).


Dalam kegiatan tersebut, Pasi Ter Kodim 0821 Lumajang, Kapten Arh Ariman Aditiawan, S.H. yang sekaligus sebagai Plh. Danramil 0821/02 Sukodono menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memperlancar aliran sungai, agar tidak meluap saat hujan turun.


Ariman juga menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud pelaksanaan program komando atas, untuk menjaga dan memelihara sumber air yang ada di wilayah, agar selalu dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.


"Ini merupakan program kerja kita sesuai petunjuk dari Komando Atas untuk menjaga dan memelihara sumber air yang ada di wilayah. Untuk itu peran aktif masyarakat sangat dibutuhkan, sehingga kemanunggalan antara TNI dan rakyat dalam memelihara keberadaan sumber air dapat terwujud," ujarnya.


Sementara itu Camat Sukodono, Indrionk Krisna Mukti mengatakan, bahwa saat musim hujan, Sungai Curah Menjangan sering meluap dan menggenangi pemukiman warga, yang dikarenakan banyaknya sampah dan tanaman liar yang menghambat aliran air.


Dia berharap, setelah pelaksanaan kegiatan tersebut, ais Sungai Cura Menjangan tidak lagi meluap, sehingga masyarakat setempat tidak merasa was-was, terutama saat turun hujan dengan intensitas tinggi.


"Terima kasih kepada teman-teman dari Kodim 0821 Lumajang atas terlaksanakanya kegiatan ini, semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kerjasama jajaran aparatur Kecamatan Sukodono untuk meningkatkan pembangunan di wilayah pedesaan, serta dapat mengurangi dampak akibat luapan air Sungai Curah Menjangan," kata dia.


Kegiatan karya bakti tersebut juga diikuti oleh personel Yonif 527/BY, Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Lumajang, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajag, UPT Pengairan Kecamatan Sukodono, Aparatur Kecamatan Sukodono dan apararut desa setempat, serta masyarakat sekitar lokasi kegiatan. (Pendim 0821).

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama