-->

Kapolresta Hadiri Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-114 Tingkat Kota Jayapura

 


Polresta Jayapura Kota - Bertempat di Lapangan Apel Kantor Walikota Jayapura Jalan Balai Kota No. 1 Entrop Distrik Jayapura Selatan, Kapolresta Jayapura Kota AKBP Dr. Victor D. Mackbon, SH., S.IK.,MH., M.Si menghadiri upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-114 tingkat Kota Jayapura Tahun 2022, Jumat (20/5). 


Bertindak sebagai Inspektur Upacara Walikota Jayapura Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, MM dan Komandan Upacara Kasat Binmas Polresta Jayapura Kota AKP Pieter Kendek, S.Sos., MM. 


Turut hadir Dansatrol Lantamal X Letkol Laut (P) Nur Rohmad Ibrahim, I. ST., M.Tr (Hanla), Wakil Walikota Jayapura Dr. Ir. H. Rustan Saru, MM, Para Pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kota Jayapura, Perwakilan Organisasi Bhayangkari, Persit dan Jalasenastri. 


Dalam kesempatan tersebut Walikota Jayapura DR. Drs. Benhur Tomi Mano, MM mengatakan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 pada tahun ini mengambil thema "Ayo Bangkit Bersama" sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir. 


"Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial namun kita harus memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional, mari sejenak kita telaah sisi histori di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional, " ucapnya. 


"Pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia dimasa itu, terdapat ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi di tengah perjuangan di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa, "ujarnya.


"Dengan semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa, dimana oraganisasi ini yang pertama di Indonesia  dan merupakan organisasi yang menyatukan pergerakan di Indonesia dari yang bersifat kedaerahan menjadi Nasional dengan tujuan akhir kemerdekaan, "imbuh Walikota. 


Ia pun mengutip ucapan Dr. Sutomo " Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih menjadi merah dan putih, selama itu kita tidak akan mau menyerah kepada siapapun juga. 


"Ditengah momentum penanganan Nasional Covid-19 yang makin membaik dan Presiden G20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional Tahun Ini sebagai tonggak Kebangkitan dari pandemi Covid-19 dan juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia. Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama, "tandasnya.(*) 



Penulis  : Andi

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama