-->

Babinsa Tegalbangsri Monitoring dan Sosialisasi Wabah PMK Pada Peternak



Lumajang, Pendim 0821 - Babinsa Tegalbangsri Koramil 0821/06 Ranuyoso Lumajang, Sertu Mujahidin melaksanakan pemantauan serta sosialisasi wabah PMK ( Penyakit Mulut dan Kuku ) pada hewan ternak milik warga binaan, Rabu (1/6/2022).


Dilakukan secara door to door, Babinsa menyelaraskan diri dengan sudut pandang mudahnya sosialisasi itu diterima oleh warga.


Kata Babinsa, kegiatan yang dilakukan saat itu merupakan rangkaian dari kegiatan yang dilakukan hari sebelumnya. Diharapkan, masyarakat akan menjadi paham, tidak panik dan dampak berlebih bisa sedini mungkin dihindari.


"Sesuai dengan instruksi pimpinan, kami bersama stakeholder terkait melaksanakan sosialisasi tentang PMK pada warga di wilayah binaan. Disini kami menilai, door to door merupakan langkah paling tepat selain kami melakukan langkah upaya di luar dalam artian perawatan dan pemberian vitamin pada ternak warga," kata Babinsa Tegalbangsri.


Ia mengimbau, agar warga tidak panik. Cukup koordinasi dan laporkan jika ada sapi atau hewan ternak lain yang terindikasi terjangkit.


"Apabila terdapat demam (pyrexia) hingga mencapai 41°C dan menggigil, mengalami anorexia (tidak nafsu makan), penurunan produksi susu yang drastis pada sapi perah untuk 2-3 hari, keluar air liur berlebihan (hipersativasi), saliva terlihat menggantung, air liur berbusa di lantai kandang. Ini sampaikan pada kami, jangan sampai panik apalagi dijual murah. Langkah apa yang dilakukan setelah lapor?, pisahkan sapi tersebut dengan sapi lain," ungkapnya menjelaskan.


Lebih jauh Sertu Mujahidin menegaskan, jika kegiatan serupa akan kembali dilakukan di hari selanjutnya, hingga keadaan benar - benar kembali pulih seperti sediakala.(Pendim 0821).

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama