-->

Dukung Ketahanan Pangan, Dandim 1002/HST Salurkan Bantuan Benih Jagung Dan Tanam Bersama



BARABAI-Komandan Kodim 1002/HST Letkol Kav Gagang Prawardhana.SIP.,M.Han menyalurkan bantuan berupa benih jagung kepada petani yang tergabung di sejumlah Gapoktan yang tersebar di 11 Kecamatan di HST. Penyerahan bibit sekaligus penanaman perdana dilakukan di lahan seluas satu hektar lebih di Desa Pajukungan, Kecamatan Barabai, Rabu (10/8) sore 


Benih diserahkan  kepada tiga Gapoktan perwakilan oleh Dandim 1002 HST Letkol Kav Gagang Prawardhana, dilanjutkan penyemaian benih jagung perdana oleh Dandim bersama Gapoktan Maju Bersama Desa Pajukungan. Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh perwakilan Gapoktan se HST. 


Menurut Gagang Prawardhana, pada tahap pertama, benih jagung yang dibagikan adalah untuk target ditanam di 10 hektar lahan. Adapun total target lahan yang ditanami jagung jenis manis kuning tersebut seluas 50 hekter. Luasan lahan tersebut berdasarkan hasil survei ketersediaan lahan yang dilakukan di seluruh Koramil. 


Dandim menjelaskan, pembagian benih jagung merupakan program ketahanan  Kodim 1002 HST dalam rangka menjaga ketersediaan pangan di HST dan mendukung peningkatan produksi pangan nasional.


Mengapa benih jagung? Dandim menjelaskan, jagung merupakan tanaman hortikultura yang bisa ditanam di segala musim. Selain itu jagung salah satu pangan alternatif pengganti beras. "Sebelumnya  bantuan berupa pupuk dan benih padi. Sekarang benih jagung sebagai salah satu pangan lokal. Juga mempertimbangkan saat ini musim kemarau,"jelasnya.


Penyaluran bantuan benih jagung dan tanam bersama ini merupakan salah satu upaya Kodim 1002/HST dalam mendukung Ketahanan Pangan yang telah diprogramkan oleh Pemerintah,”tegasnya.(pendim1002).

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama