-->

Gelar Pengajian, Kodim 1010/Tapin Sambut Tahun Baru Islam 1444 H/2022 M Dengan Pengajian

 


Tapin –  Mengelar Pengajian Peringatan 1 Muharram 1444 H/2022 M dengan tema "Tahun Baru Islam 1444 H Sebagai Momentum Memaknai Hidup Dengan Semangat Hijrah", di laksanakan di Mushola Kodim 1010/Tapin Jl H Hasan Basri Bitahan Kec. Lokpaikat Kab. Tapin, Senin (01/08).


Pengajian yang diikuti seluruh Danramil, Anggota Militer dan PNS, menghadirkan penceramah Guru Hamri dari  Kecamatan Lokpaikat.


Dandim Kodim 1010/Tapin Letkol Inf Andi Sinrang mengatakan, dengan hikmah tahun baru Islam 1444 H/2022 M, kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, membentuk Prajurit TNI AD yang militan loyal dan profesional, sebagai umat Islam sudah seharusnya memahami arti dari peringatan tahun baru Islam ini. 


“Melalui pengajian ini,kami ingin mengajak seluruh umat Muslim untuk memaknai kandungan yang terdapat dalam peringatan tahun baru Islam,” ujarnya.


Dalam tausiyahnya Guru Hamri menyampaikan menurut perhitungan bulan Islam, tahun baru hijriyah ini merupakan peringatan peristiwa bersejarah umat Islam sebagai hari besar permulaan tahun.


Dijelaskan Guru Hamri, adapun yang menjadi titik balik atau tolak ukur diberlakukannya peringatan 1 Muharram sebagai tahun baru islam adalah merujuk kepada perjalanan Rasululloh Muhammad SAW ketika melakukan Hijrah dari kota Mekkah ke Madinah sesuai perintah Allah SWT.


“Proses hijrahnya Nabi Muhammad SAW dan para sahabat mengandung banyak hikmah, diantaranya ialah setiap insan atau manusia dimasa sekarang diharuskan melakukan hijrah atau berpindah dari satu keadaan menuju maqom atau tempat yang lebih baik dalam arti proses berpindahnya sifat-sifat buruk menuju perbaikan kebaikan,” tuturnya.


Keutamaan peringatan 1 Muharram sebagai tahun baru islam, kata dia, mampu menghadirkan momentum berharga dan mendatangkan manfaat lahir batin bagi orang-orang yang berakal tidak hanya sekedar mengetahui sejarahnya saja melainkan mampu membawa i’tibar besar bagi umat.


Diakhir ceramah Guru Hamri mengatakan, momentum ini hendaklah kita banyak bermunajat kepada sang pencipta yaitu Allah SWT, dengan berbagai kegiatan seperti berpuasa, melakukan pengajian dan berdo’a agar dikaruniai hidup dan penghidupan yang lebih layak dunia dan akhirat,


“Dan tak jarang juga diberbagai sekolah termasuk pesantren-pesantren melakukan kegiatan pawai menyambut tahun baru islam yang patut disyukuri dan dirayakan dengan khidmat,” tutupnya.(Pd1010)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama