-->

Anggota Posramil Tanjung Palas Tengah Hadiri Ritual Adat Tolak Bala Dengan Menghadirkan 1000 Ketupat

  


Tanjung Selor, anggota Koramil 0903-01/Tpl Posramil Salimbatu Serma Yasmin dan Sertu Rasdam hadiri dan laksanakan pengamanan ritual adat Tolak Bala dengan menghadirkan 1000 ketupat (imbiyuku) yang dilaksanakan di halaman Balai Adat Desa Salimbatu Kec Tanjung Palas Tengah, Rabu (21/9/2022).


Serma Yasmin mengatakan kegiatan ritual tolak bala tersebut merupakan kegiatan yang selalu masyarakat Desa Salimbatu lakukan pada setiap tahunnya, utamanya pada Bulan Safar.


Pelaksanaan ritual tolak bala ini dilaksanakan sebanyak dua kali pada bulan Safar yaitu keluar bulan 10 malam atau 10 hari pada bulan Safar dan pada hari Rabu pekan terakhir bulan Safar.


Adapun latar belakang dari pelaksanaan tolak bala ini, yaitu meminta atau bermunajat dan memohon doa dalam kebaikan dan memohon dijauhkan dari hal-hal yang kurang baik, misalkan dari bala bencana, musibah, wabah penyakit dan lainnya.


Acara ini tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan, utamanya dari Suku Tidung mengingat acara ini yang disakralkan menjadi budaya adat istiadat Suku Tidung sejak jaman dahulu. Mengingat pesan adat dari leluhur lebih baik mati anak jangan sampai mati adat.


Adapun jumlah 1.000 ketupat yang disediakan kata dia melambangkan kebersamaan warga, hal ini juga sesuai dengan tema yang diambil yakni Pebais Rasa, Petawoy de Bala atau mempertahankan rasa kebersamaan untuk menjauhkan segala bahaya. Dia juga berharap kebersamaan dan persatuan antarsuku dan agama di Bulungan dapat terus terjalin.

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama