-->

TNI Kawal Vaksinasi PMK di Desa Sumberjati Lumajang


Lumajang, Pendim 0821 - Untuk menekan angka kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Babinsa Sumberjati Koramil 0821/10 Tempeh dan Petugas Puskeswan Pasirian memberikan vaksinasi pada sejumlah hewan ternak warga, di Desa Sumberjati Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang, Kamis (15/9/2022).


Dalam kegiatan tersebut, Koptu Nyono Winardi mengatakan, bahwa selain untuk menekan angka penyebaran PMK, upaya itu juga sebagai langkah dalam menjaga kesehatan ternak warga.


Lanjut dia, kegiatan tersebut juga merupakan kegiatan lanjutan, yang mana sebelumnya petugas sudah dilakukan monitoring kepada warga tentang rencana pelaksanaan vaksinasi.


"Kami disini bersama petugas, selain memberikan vaksin pada ternak, juga memberikan edukasi kepada masyarakat, tentang penanganan PMK, dengan melakukan perawatan ternak-ternaknya tetap terjaga kesehatannya," kata dia.


Sementara itu, salah satu Petugas Puskeswan Pasirian Hariyanto menerangkan, bahwa pemberian vaksin kali ini  diperuntukkan bagi sapi yang sehat untuk memberikan kekebalan tubuh sapi, agar tidak terinfeksi PMK pada  ternak  sapi.


Menurutnya, vaksin tersebut diberikan kepada sapi yang masih sehat dan belum terinfeksi virus PMK, hal ini dikarenakan sapi yang belum terineksi virus PMK akan membentuk antibodi didalam tubuhnya.


"Dalam kegiatan ini, kami akan terus kami lakukan monitoring dengan pihak terkait, sebagai upaya pencegahaan, dengan harapan kita semua hewan-hewan ternak milik warga di wilayah binaan kami bebas dari wabah PMK," harapnya. (Pendim 0821)

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama