-->

Cuaca Ekstrem, Polsek Ubud Gelar Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam



Banjir - Bencana banjir hampir setiap musim penghujan melanda Indonesia. Berdasarkan nilai kerugian dan frekuensi kejadian bencana banjir terlihat adanya peningkatan yang cukup berarti.


Kejadian bencana banjir sangat dipengaruhi oleh faktor alam berupa curah hujan yang diatas normal dan adanya pasang naik air laut. Disamping itu faktor ulah manusia juga berperan penting seperti penggunaan lahan yang tidak tepat (pemukiman di daerah bantaran sungai, di daerah resapan, penggundulan hutan, dan sebagainya), pembuangan sampah ke dalam sungai, pembangunan pemukiman di daerah dataran banjir dan sebagainya.


Seperti halnya di Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, setiap terjadinya Hujan dengan curah yang tinggi, mengakibatkan luapan air baik di sungai maupun got, sehingga mengakibatkan terjadinya Banjir. Adapun wilayah Ubud yang menjadi langganan Banjir diantaranya Jalan Raya Andong, Desa Peliatan, dan Jalan Raya Sayan, Desa Sayan. Dimana salah satu penyebabnya karena pendangkalan Got, maupun prilaku masyarakat yang masih membuang sampah ke Got.


Berkaitan dengan hal tersebut,  Kapolsek ubud Kompol I Gusti Ngurah Yudistira, S.H., M.H. memimpin langsung Apel Kesiapan Siaga Penanggulangan Bencana Polsek Ubud  yang diikuti oleh Waka Polsek, Para Kanit, Panit, Kasi serta seluruh anggota Polsek Ubud. Rabu (19/10/2022)


Dalam pelaksanaan Apel Tersebut Kapolsek Ubud melaksanakan pengecekan kelengkapan Pribadi Personel Seperti Mantel dan kelengkapan lainnya mengingat Cuaca di wilayah Hukum Polres Gianyar akhir-akhir ini sangat ekstrem, sehingga sangat berpotensi terjadinya gangguan bencana alam. 


Kompol I Gusti Ngurah Yudistira, S.H., M.H. menjelaskan bahwa wilayah Ubud sangat berpotensi mengalami bencana seperti Banjir, Tanah Longsor maupun Pohon Tumbang, sehingga diharapkan kepada personel agar selalu siaga dengan kelengkapan diri untuk datang ke TKP.


Disampaikan juga kepada seluruh anggota untuk selalu berkoordinasi dengan pihak terkait seperti BPBD dan Damkar Kabupaten Gianyar. Sehingga dapat dengan cepat menangani kejadian kebencanaan, baik banjir maupun tanah longsor. Sehingga dapat melayani masyarakat dengan maksimal. Mengingat Polri merupakan pelayanan Masyarakat.  ***

0 Komentar

Lebih baru Lebih lama